News
Selasa, 25 Oktober 2016 - 14:45 WIB

KISAH UNIK : Baru 12 Tahun, Bocah Ini Sudah Bertunangan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Omar dan Gharam, anak belasan tahun yang sudah bertunangan (wuzupnaija.com)

Kisah unik kali ini tentang pertunangan di bawah umur.

Solopos.com, KAIRO – Pernikahan yang sejatinya lazim bagi warga Kairo, Mesir, ini menjadi sebuah sumber kontroversi. Hal ini lantaran pernikahan tersebut dilakukan oleh anak Nasser Hassan yang baru berusia 12 tahun.

Advertisement

Dilansir, Wuzupnaija, Sabtu (22/10/2016), Nasser Hassan sebenarnya mengadakan resepsi pernikahan untuk anak pertamanya. Seperti sebuah kejutan untuk para tamu, di sela-sela resepsi itu diumumkan pertunangan putranya, Omar, yang masih berusia 12 tahun. Omar bertunangan dengan Gharam, sepupunya yang usianya terpaut satu tahun lebih muda.

“Ini sebuah pertunangan, bukan pernikahan,” ungkap salah satu tamu yang seolah-olah tidak terkejut.

Peristiwa ini dimuat di beberapa koran lokal, salah satunya Al Watan. Peristiwa ini menciptakan pro dan kontra di kalangan masyarakat, khususnya pemerhati hak perempuan dan anak-anak. Hukum yang berlaku di Mesir baru memperbolehkanpernikahan jika kedua mempelai sudah berusia minimal 18 tahun.

Advertisement

Redan Eldanbouki, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perlindungan Perempuan melaporkan peristiwa itu ke Lembaga Perlindungan Ibu dan Anak Pemerintah Mesir. Reda juga mengajukan permohonan ini ke Kejaksaan Agung agar melakukan pemeriksaan dan melakukan penahanan terhadap orang tua karena perbuatan mereka.

Menurut Reda pertunangan Omar dan Gharam akan menyebabkan pernikahan dini. Hal itu akan merugikan pihak perempuan. “Pertunangan itu akan menyebabkan pernikahan dini. Itu akan merugikan pihak perempuan karena kesempatan untuk mendapat pendidikan akan berkurang, tak mampu tumbuh normal seperti anak-anak lain, dan pernikahan itu akan membuatnya menjauh dari masyarakat,” tegas Reda.

Di sisi lain, Nasser Hassan tidak takut dengan laporan tersebut. Dia menegaskan tidak ada hal salah yang terjadi pada pengumuman yang dibuatnya. “Itu hanya pertunangan, bukan pernikahan,” tegas Nasser seperti dikutip The Sun.

Advertisement

Nasser juga menceritakan jika Omar sangat menyayangi Gharam. Bocah itu kerap menyatakan akan menikahi Gharam saat dewasa nanti, sebelum ada pria lain melakukannya. “Mereka akan menikah setelah mencapai usia yang cukup dan legal,” tambah Nasser.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif