Jogja
Senin, 24 Oktober 2016 - 06:40 WIB

PILKADA KULONPROGO : KPU Siap Tetapkan Pasangan Calon

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Penetapan akan dilakukan dengan mengundang tim dari kedua paslon yang telah mendaftarkan diri dan Panwaslu.

Harianjogja.com, KULONPROGO-KPU Kulonprogo siap menetapkan pasangan yang akan beradu dalam pilkada Kulonprogo 2017. Ketua KPU Kulonprogo, Isnaini mengatakan penetapan hanya sekedar formalitas dari sejumlah berkas pasangan calon yang telah diteliti. “Kami akan menetapkan apa yang telah kita teliti, relatif biasa saja,”jelasnya kepada Harian Jogja, Minggu(23/10/2016).

Advertisement

Penetapan akan dilakukan dengan mengundang tim dari kedua paslon yang telah mendaftarkan diri dan Panwaslu. Isnaini mengatakan dalam fase penetapan tersebut tidak diatur lebih lanjut apakah kedua paslon tersebut harus hadir langsung.

Leboh lanjut, ia mengatakan pengundian nomor urut paslon biasanya membutuhkan persiapan lebih khusus. Pasalnya, penetapan calon hanya fase puncak dari proses pendaftaran calon yang telah berjalan selama beberapa waktu belakangan.

Sebelumnya, semua berkas persyaratan calon dari bakal pasangan calon (paslon) Hasto Wardoyo dan Sutedjo maupun Zuhadmono Azhari dan BRAy Iriani Pramastuti dinyatakan sudah lengkap setelah diteliti selama sepekan. Meski sempat ada kekurangan, data dan berkas kedua tim telah dinyatakan lengkap sebelum masa perbaikan ditutup.

Advertisement

Penelitian berkas sendiri harus tetap dilakukan demi keabsahan dokumen. Setelah pentapan, akan dilakukan pula pengundian nomor urut paslon sehari setelahnya. Sebelum masa kampanye dimulai, KPU Kulonprogo juga akan mengundang tim kampanye masing-masing paslon untuk sosialisasi laporan awal dana kampanye. Laporan tersebut mesti diserahkan kepada KPU Kulonprogo pada 27 Oktober nanti. Tim masing-masing akan diajak berkoordinasi kembali mengenai tata cara pembuatan laporan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif