News
Senin, 24 Oktober 2016 - 13:40 WIB

JASA EKSPEDISI : Begini Upaya PT KAI Genjot Pemanfaatan Angkutan Barang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi kereta api (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Jasa ekspedisi digenjot oleh PT KAI.

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta melakukan pendekatan ke berbagai perusahaan untuk memanfaatkan angkutan barang menggunakan jasa kereta api (KA).

Advertisement

Corporate Communication Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengungkapkan saat ini angkutan penumpang lebih banyak jika dibandingkan dengan angkutan barang. Padahal secara nasional, angkutan barang ditarget mampu menyumbang pendapatan hingga 60% karena layanan lebih mudah.

Di wilayah Daops VI, angkutan barang terus meningkat meski belum signifikan. Dia mengatakan pengiriman semen, pasir, pupuk, dan bahan bakar minyak (BBM) telah berjalan.

Menurut dia, saat ini menjajaki kerja sama untuk pengangkutan air kemasan galon dan produksi PT Sri Rejeki Isman (Isman) untuk mengangkut bahan produksi atau produk jadi.

Advertisement

“Potensi angkutan barang di Daops VI cukup besar karena letaknya yang strategis, yakni berada di tengah Pulau Jawa. Potensi pengangkutan barang dari Jogja dan Solo menuju ke Semarang juga besar dan selama ini melintas melalui jalan raya yang semakin padat sehingga waktu tempuh juga lebih lama,” ungkap Eko saat dihubungi

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif