Sport
Sabtu, 22 Oktober 2016 - 23:40 WIB

Perkenalkan Zabivaka, Maskot Piala Dunia 2018

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maskot Piala Dunia 2018, Zabivaka (FIFA.com)

Piala Dunia 2018 telah meresmikan maskot.

Solopos.com, MOSKOW – Maskot Piala Dunia 2018 mendatang telah resmi diperkenalkan. Diberi nama Zabivaka, maskot ini berupa serigala yang memakai kacamata.

Advertisement

Dilansir dari situs resmi FIFA, Sabtu (22/10/2016), Zabivaka didesain oleh murid dari sekolah bernama Ekaterina Bocharova. Maskot ini dipilih berdasarkan hasil polling yang dilakukan FIFA dan mendapatkan suara 53%. Zabivanka mengalahkan pesaing lainnya yakni seekor harimau dengan perolehan suara 27% dan seekor kucing (20%).

“Sebelum sampai ke tahap pemilihan Zabivanka sebagai maskot, kami kali pertema mengumpulkan ide dari anak-anak Rusia melalui polling online. Kemudian diajukan ide-ide mereka, hingga akhirnya terpilih tiga besar,” kata Sekretaris Jenderal FIFA, Fatma Samoura.

Zabivaka secara resmi diperkenalkan ke publik di Moskow pada Jumat (21/10/2016) waktu setempat. Hadir dalam acara tersebut mantan pemain terbaik dunia dan peraih trofi Piala Dunia bersama Brasil, Ronaldo.

Advertisement

“Maskot adalah duta yang bagus untuk memromosikan event dan memberi banyak kegembiraan di stadion. Saya sudah melihat hal itu terjadi di Rusia setelah menyaksikan hanya setelah melihat Zabivaka di atas panggung malam ini,” ujar Ronaldo.

Dalam biografi Zabivaka, seperti dimuat di situs resmi FIFA, disebutkan kalau dia adalah serigala yang memesona, percaya diri dan punya rasa sosial. Dia punya impian menjadi bintang pesepakbola. Dia juga merupakan sosok yang fair play, menghargai anggota timnya dan menghormati lawan, dan dia bermain dengan skil serta memiliki tujuan.

“Saya yakin Zabavinka akan menjadi sesuatu yang besar di kalangan penggemar Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018 di Rusia,” kata Ketua Komite Penyelenggara Lokal, Vitaly Mutko.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif