Sport
Sabtu, 22 Oktober 2016 - 17:35 WIB

FORMULA ONE 2017 : Absen Uji Ban, McLaren Dinilai Bisa Rugi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fernando Alonso (The Guardian)

Formula One 2017 diwarnai dengan McLaren yang absen uji coba ban.

Solopos.com, MILAN — Pembalap McLaren-Honda, Fernando Alonso, menyayangkan timnya yang bakal absen dalam uji ban Formula One (F1) 2017 yang digelar tahun ini.

Advertisement

Tiga tim balapan jet darat, Mercedes, Ferrari, dan Red Bull, memastikan ikut bagian dalam uji coba ban F1 untuk musim depan yang berlansung selama 24 sesi. Uji coba tersebut diperlukan untuk membantu pemasok ban F1, Pirelli, dalam mengembangkan bagian depan dan belakang ban yang diperlebar untuk musim depan.

Sementara McLaren memilih tidak ikut bagian dalam tes tersebut. Tim yang bermarkas di Inggris itu berasalan ingin fokus mengkaji desain mobil dan pembagian program untuk balapan jet darat pada 2017. Alonso menganggap keputusan McLaren tidak ikut terlibat dalam tes ban tersebut bisa merugikan.

“Ya, karena selalu ada hal-hal yang bisa dipelajari, selalu bisa merasakan ban yang Anda pakai. Meski seandainya mereka memakai mobil lama [dari 2015], saya yakin tim-tim akan belajar bagaimana memakai ban tersebut, menggelidingkan ban tersebut,” jelas Alonso, seperti dilansir Autosport, Jumat (21/10/2016).

Advertisement

Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, merasakan untuk uji coba ban untuk 2017 itu, pekan lalu.  Dia mencobanya saat kondisi cuaca kurang bersahabat di Sirkuti De Catalunya, Barcelona, dengan melahap 60 lap. Kandidat kuat juara dunia F1 musim ini pun merasa bakal memetik pelajaran dari uji coba ban ini.

“Ini bermanfaat  untuk mendapat wawasan apa yang mereka kerjakan untuk ke depan, apa yang mereka rencanakan. Juga bisa beradaptasi dengan ban-ban tersebut,” jelas dia.

Driver Manor Racing, Pascal Wehrleinm, juga sependapat dengan Rosberg. “ Kami akan lihat bagaimana [ban] dengan mobil baru karena kami memakai Mercedes 2015. Namun kami akan membandingkannya dengan ban tahun ini dan apa yang bisa saya simpulkan ban ini lebih cepat,” jelas mantan rekan setim pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto itu.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif