News
Rabu, 19 Oktober 2016 - 19:10 WIB

Mendikbud Sebut Ujian Nasional Tak Perlu Dilakukan Per Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mendikbud Muhadjir Effendy (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Mendikbud Muhadjir Effendy mengungkapkan pelaksanaan Ujian Nasional tak perlu dilakukan per tahun.

Solopos.com, JAKARTA – Mendikbud Muhadjir Effendy menyebutkan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tak perlu diselenggarakan setiap tahun. Pihaknya pun mengaku siap melakukan kajian terhadap pelaksanaan UN.

Advertisement

“UN tidak harus setiap tahun kalau fungsinya hanya untuk pemetaan,” ujar Muhadjir di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Sejak UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan, lanjut dia, tingkat signifikansi UN semakin berkurang. Siswa-siswa juga tidak lagi melakukan kecurangan, karena UN bukan lagi penentu kelulusan.

“Sekarang ini fungsi UN hanya untuk pemetaan. Untuk menentukan mana sekolah yang memenuhi standar kualisifikasi pendidikan dan mana yang tidak. Ini yang kami kaji, apakah UN itu perlu setiap tahun kalau fungsinya hanya untuk pemetaan,” jelas Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu seperti dikabarkan Antara, Rabu.

Advertisement

Dari hasil pemetaan itu, didapat dua jenis sekolah yakni sekolah yang melakukan terobosan dan sekolah yang belum memenuhi standar. Menurutnya, sekolah yang melakukan terobosan itu nantinya akan membimbing atau melakukan pendampingan terhadap sekolah yang belum memenuhi standar tersebut.

“Nanti tergantung kebutuhan sekolah itu, kurangnya dimana. Sedangkan untuk sekolah yang sudah melakukan terobosan, nanti akan kita berikan penghargaan,” papar dia.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif