News
Senin, 17 Oktober 2016 - 16:18 WIB

PILKADA JAKARTA : Ikut Demo Anti-Ahok, Amien Rais Dibela PAN

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Amien Rais (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Pilkada Jakarta kian panas. Amien Rais yang hadir dalam demo anti-Ahok dibela oleh PAN.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Ketua Umum DPP PAN Hanafi Rais menilai kehadiran mantan Ketua Umum PAN Amien Rais dalam aksi demo di Bareskrim dan Balai Kota Jakarta pada Jumat (14/10/2016) tidak bermuatan politis karena menyuarakan suara umat muslim.

Advertisement

“Saya nilai bukan politis, yang dilakukan oleh para demonstran sudah jelas, ada landasan hukumnya, ada landasan Undang-Undangnya soal penistaan agama,” kata Hanafi di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Menurut putra Amien Rais ini, umat muslim merasa agamanya telah dilecehkan atas pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyebut Surat Al Maidah ayat 51. Karena itu mereka menyampaikan protesnya dan saat itulah muncul Amien Rais di tengah pendemo.

Menurut Hanafi, protes yang dilakukan demonstran tersebut berlangsung damai, tertib, tidak ada anarki sehingga dapat menyampaikan aspirasinya dengan baik. “Saya salut setinggi-tingginya pada Kapolri karena bisa jaga puluhan ribu demostran dengan suasana damai dan tertib,” ujarnya, dikutip Solopos.com dari Antara.

Advertisement

Dia mengatakan siapapun boleh melakukan demonstrasi yang memiliki landasan hukum namun harus jauh dari tindak kekerasan. Sebelumnya, mantan politikus senior dan pendiri PAN, Amien Rais, Jumat lalu, turut menghadiri aksi mendesak penegak hukum memproses dan menangkap Ahok yang diduga telah menistakan agama.

Amien menegaskan kehadirannya dalam aksi tersebut tidak untuk mencari popularitas. “Jadi saya datang ke sini sebagai Muhammadiyah, sebagai ICMI, sebagai partai islam, sebagai dai. Saya datang ke sini bukan cari popularitas, saya sudah populer,” katanya. Baca juga: Amien Rais Ultimatum Jokowi: Jangan Coba-Coba Lindungi Ahok!

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menegaskan kedatangannya ke dalam aksi tersebut adalah murni untuk membela umat Islam. Dia menilai Ahok telah menghina kitab suci Alquran yang merupakan kitab suci 2,3 miliar umat manusia di muka bumi ini.

Advertisement

Mantan Ketua MPR itu meminta Bareskrim Polri segera menangkap dan memproses hukum Ahok sesuai hukum yang berlaku karena itu merupakan satu-satunya cara untuk meredam dan membuat umat Islam lega.

Sementara itu, pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago, menilai kehadiran Amien Rais dan politikus Partai Gerindra Habiburokhman dalam demo anti-Ahok pekan lalu menimbulkan nuansa politis atau kepentingan. “Jangan lupa, Amien Rais kan politikus juga. Kita tahu dia juga pasti punya kepentingan,” kata Pangi di Jakarta, Sabtu.

Pangi menganggap kehadiran kedua politikus itu sah-sah saja memberikan suaranya kepada salah satu kandidat pada Pilkada Jakarta 2017. Namun dia menilai, dukungan itu harus tetap menjunjung nilai-nilai demokrasi dan menghindari isu-isu SARA.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif