Jateng
Senin, 17 Oktober 2016 - 13:50 WIB

E-KTP JATENG : Bikin E-KTP Tanpa Biaya, Asal Tanpa Calo!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-KTP (JIBI/Solopos/Dok.)

E-KTP terkesan berbiaya karena sebagian warga Jateng tergantung kepada calo.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Jawa Tengah Wika Bintang menegaskan pengurusan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) tidak dipungut biaya sama. Karena itu, warga harus menghindari pengurusan melalui calo untuk membuktikannya.

Advertisement

Wika menuding kesadaran masyarakat yang terbiasa menggunakan calo untuk datang sendiri mengurus e-KTP itu masih kurang sehingga. Kesadaran itu, menurutnya perlu terus ditingkatkan warga Jateng.

“Mereka kemudian menyuruh orang dan akhirnya membayar [jasa] orang tersebut,” ujarnya di Semarang, Minggu (16/10/2016).

Guna mengantisipasi calo dan praktik pungutan liar pada pengurusan e-KTP, Disnakertransduk Jateng menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat hingga di kantor pemerintah kecamatan. “Kalau di kecamatan tetap enggak mau datang ya kebangeten,” katanya.

Advertisement

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta partisipasi masyarakat untuk mencegah adanya praktik pungutan liar pada pengurusan KTP di semua tingkatan. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu tidak memungkiri adanya praktik pungli dalam pengurusan KTP karena blangko yang belum terdistribusi semua sehingga terjadi kekosongan blangko di beberapa tempat.

Pada Oktober 2016 ini, diakuinya kemungkinan adanya kelangkaan blangko di beberapa titik. Pada wilayah yang sisa-sisa blangkonya terbatas itu dilhawatirkan terjadi demoralisasi. “Demoralisasinya dengan dijual, maka kalau dijual ya itu pungli,” ujar mantan anggota DPR itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif