Jogja
Senin, 17 Oktober 2016 - 09:20 WIB

Bantul Kekurangan 1.200 PNS Guru SD

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa baru bersalaman dengan gurunya di SDN Nogopuro Depok Sleman, Senin (18/7/206). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Bantul mengalami kekurangan PNS Guru SD

Harianjogja.com, BANTUL— Bantul kekurangan pegawai negeri sipil (PNS) untuk posisi guru sekolah dasar (SD) negeri. Data Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Kabupaten Bantul menunjukkan terdapat kekurangan sekitar 1.200 guru SD negeri.

Advertisement

Menurut Kepala Dikdas Kabupaten Bantul Totok Sudarto jika dihat dari jumlah murid dengan rasio yaitu 1:20, maka kesediaan guru SD di Bantul tidak mencukupi. “Kurangnya ada sekitar 1.200 guru,” kata Totok kepada Harianjogja.com, Minggu (16/10/2016).

Kekurangan tersebut kata Totok adalah karena banyaknya guru SD yang telah pensiun, sementara dalam dua tahun terakhir belum ada penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) khususnya pada posisi guru SD.

Kata Totok demi mengisi kekurangan tersebut untuk sementara diisi oleh guru wiyata bakti yang selama ini digaji jauh dari upah minimal regional (UMR). Kendati demikian dari upah guru wiyata bakti tersebut pun kata Totok cukup banyak menghabiskan anggaran, sehingga untuk pengadaan sarana dan prasarana di sekolah dasar menjadi berkurang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Guru SD Kekurangan Guru
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif