News
Sabtu, 15 Oktober 2016 - 11:10 WIB

Penjelasan Guru Ambo tentang Foto Siswa Merokok dan Angkat Kaki di Sampingnya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa SMA bikin netizen geram. (Istimewa)

Seorang siswa SMA di Makassar “sukses” menjadi viral di media sosial lewat foto kontroversial bersama sang guru.

Solopos.com, MAKASSAR – Seorang remaja berseragam SMA di Makassar menuai kecaman dari publik dunia maya (netizen). Remaja yang diyakini pelajar SMA Ilham, Makassar, ini memperlihatkan sikap tak pantas saat berpose bersama orang tua yang disebut-sebut sebagai gurunya.

Advertisement

Dihimpun dari akun Facebook di grub Info Kota Makassar, Selasa (11/10/2016), tersebar foto-foto yang menunjukkan tingkah laku siswa SMA yang tak sopan terhadap gurunya yang sudah lanjut usia. Siswa yang diketahui berinisial AS, 16, itu duduk dengan mengangkat kaki ke atas meja gurunya yang bernama Pak Ambo.

Foto pertama menunjukkan, pelajar laki-laki tersebut mengenakan kacamata dan terlihat merangkul gurunya. Foto pertama masih dianggap biasa.

Sementara foto kedua, si pelajar mulai berpose tidak sopan karena ia menaikkan satu kakinya di atas meja. Padahal jelas-jelas ia sedang berada di meja yang sama dengan gurunya.

Advertisement

Sedangkan foto ketiga menunjukkan pose yang lebih parah. Si pelajar nampak sedang merokok di samping gurunya yang terlihat membawa buku.

Sontak postingan ini langsung viral dan banjir komentar netizen. Hampir semuanya rata-rata mengutuk keras kelakuan bocah SMA itu.

Guru Bahasa Indonesia SMA Ilham, Makassar, Ambo, yang ada di foto itu sempat dipanggil Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Jumat (14/10/2016). Ambo menjelaskan AS datang ke ruang kelas dan duduk disampingnya. Ambo diminta mengajari membaca puisi.

Advertisement

Peristiwa itu terjadi di ruang kelas usai jam pelajaran, Senin (10/10/2016) lalu. Hanya ada beberapa siswa di ruang tersebut. Ambo sendiri sudah bersiap pulang.

Ambo mengaku tak tahu alasan AS mengangkat kaki di meja. Ia langsung menegur dan AS menurut. Namun aksi itu sempat difoto siswa lain dan diunggah ke media sosial. Netizen berkomentar macam-macam, lalu menjadi viral. Berbagai pihak, mulai sosiolog, aktivis pendidikan dan anak, serta Disdik, memberi tanggapan.

Foto AS dan Ambo tersebar di dunia maya setelah salah satu siswa mengunggah momen AS merokok dan angkat kaki ke media sosial. Komentar miring muncul, baik soal aksi AS maupun pihak sekolah. Kejadian itu dinilai tak pantas di dunia pendidikan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif