Teknologi
Rabu, 12 Oktober 2016 - 15:30 WIB

Google Gelontorkan Rp41 Miliar Buat Iklan Pixel Phone

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan Pixel dan Pixel XL (ndtv.com)

Smartphone terbaru Pixel Phone berusaha saingi Samsung dan Apple.

Solopos.com, NEW YORK – Dua hari setelah dirilis pada 6 Oktober 2016, smartphone keluaran Google, Pixel Phone, sudah menghabiskan biaya iklan dengan nominal fantastis. Biaya iklan yang dikeluarkan Google selama dua hari ditaksir mencapai Rp41,5 miliar.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Reuters, Minggu (9/10/2016), Google bergerak cepat dalam hal iklan Pixel Phone. US$3.2 juta dihabiskan dalam dua hari hanya untuk iklan televisi. Jumlah tersebut setara dengan Rp41.5 miliar. Jumlah itu akan terus bertambah karena Google berniat untuk langsung bersaing dengan Samsung dan Apple.

Dikutip Reuters dari iSpot.tv, biaya iklan yang dikeluarkan Google itu sudah melebihi biaya iklan Apple dan Samsung dalam kurun waktu yang sama. Perusahaan Apple Inc. menghabiskan US$2.45 juta (Rp31,7 miliar), sedangkan Samsung Electronics menghabiskan US$1,4 juta (Rp18,1 miliar).

Pixel Phone merupakan kali pertama Google menjual merek dagangnya langsung ke pengguna. Sebelumnya Google lebih memilih merek dagangnya ke perusahaan (merek) lain. “Ini adalah pertama kalinya Google menjual mereknya ke pengguna, sebelumnya raksasa Internet itu hanya menjual merek ke perusahaan,” jelas praktisi iklan asal New York, Rachel Pasqua.

Advertisement

Selain biaya iklan yang disebutkan di atas, petinggi Google menolak untuk menyebutkan target biaya iklan keseluruhan Pixel Phone. Wakil Pimpinan Manajemen Produk Google, Mario Queiroz menegaskan ada rentetan kampanye iklan yang besar untuk produk baru ini.

Pertandingan sepak bola Amerika di hari thanksgiving (24 November 2016) diduga menjadi salah satu momen iklan mahal Pixel Phone.

Pixel Phone dirilis dalam dua varian. Pixel dan Pixel XL. Google mengklaim produknya itu sebagai smartphone dengan kamera terbaik. Smartphone  ini mengusung desain unik unibody metal yang ¾ bagian bodinya dibalut lapisan kaca 2,5D Gorilla Glass 4. Di dalamnya tertanam chipset Snapdragon 821 yang merupakan prosesor quad core terbaru dari Qualcomm.

Advertisement

Dijalankan dengan Android Nougat, Pixel Phone memiliki Ram 4 GB dan penyimpanan internal 32 GB dan 128 GB. Kamera belakang Pixel Phone sebesar 12,3 MP f/2.0 serta kamera depan 8,0 MP f/2.4 fixed focus yang membawa sensor Sony.

Pixel Phone dijual seharga US$649-749 atau sekitar Rp8,5 juta-Rp9,8 juta. Sementara Pixel XL dibanderol US$769-869 atau Rp10 juta-Rp11,3 juta. Pre-order mulai dibuka di laman resmi Google Store 5 Oktober 2016.

Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif