Teknologi
Selasa, 11 Oktober 2016 - 23:30 WIB

HASIL PENELITIAN : Tahukah Anda? Tikus Menyanyi Seperti Mesin Jet Saat Cari Pasangan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Hasil penelitian menyebutkan tikus menyanyi seperti mesin jet saat mencari pasangan.

Solopos.com, SOLO — Satu lagi kemiripan tikus dengan manusia. Ternyata, tikus bisa memanjakan satu sama lain dengan lagu-lagu cinta yang tak terdengar telinga manusia. Menurut hasil penelitian, tikus menyanyi seperti mesin jet untuk mencari pasangan.

Advertisement

Hasil penelitian menunjukkan mereka membuat suara frekuensi tinggi unik menggunakan mekanisme yang sebelumnya baru teramati pada mesin jet supersonik.

Sebagaimana dikutip dari laman University of Cambridge, Selasa (11/10/2016), menurut hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Current Biology, tikus menggunakan mekanisme yang sama dengan mesin jet di dalam tenggorokan mereka untuk membuat siulan frekuensi tinggi.

Tikus dan binatang pengerat lain menghasilkan nyanyian ultrasonik yang mereka gunakan untuk menarik pasangan dan pertahanan wilayah kelompok mereka. Namun, belum dipahami bagaimana tikus menghasilkan suara ultrasonik.

Advertisement

Hasil penelitian terbaru menemukan ketika tikus menyanyi, mereka menggunakan mekanisme serupa yang terlihat pada mesin-mesin jet supersonik. “Tikus membuat ultrasound dengan cara yang belum pernah ditemukan sebelumnya pada binatang,” kata penulis utara studi itu, Elena Mahrt dari Washington State University.

Sebelumnya nyanyian itu diduga hasil mekanisme serupa cerek teh atau resonansi yang disebabkan oleh vibrasi pita suara. Faktanya dua hipotesis itu tidak ada yang benar. Tikus mengarahkan pancaran udara kecil yang datang dari dinding bagian dalam laring pada tenggorokan, menyebabkan resonansi dan menghasilkan siulan ultrasonik.

Menggunakan video berkecepatan ultratinggi 100.000 frame per detik, para peneliti menunjukkan adanya lipatan vokal yang tak terdengar manusia saat suara itu keluar dari laring tikus.

Advertisement

“Mekanisme ini hanya diketahui untuk menghasilkan suara dalam aliran aplikasi supersonik, seperti lepas landas vertikal dan pendaratan menggunakan mesin jet, atau aliran sub-sonik berkecepatan tinggi seperti jet untuk pendinginan cepat komponen listrik dan turbin. Tikus tampaknya melakukan sesuatu yang sangat rumit dan pintar untuk menghasilkan ultrasound,” kata penulis studi yang lain dan kepala laboratorium aero-akustik di Departemen Teknik Cambridge, Anurag Agarwal.

Advertisement
Kata Kunci : Hasil Penelitian Tikus
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif