Lifestyle
Senin, 10 Oktober 2016 - 04:30 WIB

TIPS KESEHATAN : Makan Pisang Sebelum Olahraga Baik untuk Kesehatan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Paket Pisang (Boldsky)

Tips kesehatan kali ini mengenai makan pisang sebelum olahraga dianjurkan.

Solopos.com, SOLO — Sebelum melakukan latihan atau olahraga keras rutin, Anda mungkin tergoda untuk mengambil apa pun makanan untuk mengisi bahan bakar. Tapi, bisa jadi Anda kebablasan dan membuat makan mengacaukan energi.

Advertisement

“Makan makanan ringan sebelum latihan bisa sama pentingnya dengan makan setelah latihan untuk pemulihan. Latihan Anda bisa percuma bila tidak mengonsumsi makanan yang pantas dalam jumlah cukup,” kata Lisa Moskovitz, RD , seperti dikutip dari Womenshealthmag, Rabu (5/10/2016),

Camilan terbaik sebelum latihan atau olahraga harus memiliki karbohidrat yang mudah dicerna, kata Moskovitz. Dia merekomendasikan makanan ringan sederhana seperti pisang atau dua pertiga cangkir makanan mengandung gandum.

Tapi perhatikan jumlah asupan Anda. Bila Anda hanya akan latihan dalam waktu satu jam atau kurang, Anda mungkin hanya perlu 15 sampai 20 gram karbohidrat dengan setengah pisang.

Advertisement

Bila waktu latihan akan lebih lama, Anda bisa menambah karbohidrat sedikit lebih banyak. Makan sedikit makanan berprotein sebelum latihan juga OK. Sebelum gym, misalnya, makan lima sampai 10 gram protein akan berguna, kata Moskovitz.

Mengonsumsi makanan berprotein pascalatihan juga baik untuk pemulihan otot. Apa pun latihan yang Anda lakukan, baiknya hindari makanan tinggi serat dan berlemak. Kedua nutrisi tersebut, tidak seperti karbohidrat, yang bisa dicerna tubuh menjadi sederhana lebih lama.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Tips Kesehatan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif