Soloraya
Minggu, 9 Oktober 2016 - 15:30 WIB

Didatangi Menhub, Penumpang Sambat Parkir Stasiun Solo Balapan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Solo Balapan, Minggu (9/10/2016) siang. (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Kedatangan Menhub disambut dengan keluhan penumpang Prameks soal parkir Stasiun Solo Balapan.

Solopos.com, SOLO — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Solo Balapan, Minggu (9/10/2016) siang. Dalam lawatannya ke Kota Solo, Menhub mengecek kualitas pelayanan kereta api di Stasiun Solo Balapan.

Advertisement

Setibanya di stasiun, Budi Karya Sumadi yang didampingi rombongan dan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo langsung meninjau persiapan pemberangkatan Kereta Api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) jurusan Solo-Jogja. Saat berada di dalam kereta, Menhub spontan menanyakan kualitas pelayanan kereta api Prameks.

“Bagaimana pelayanan keretanya? Sudah puas apa belum? Ada masukan?” tanyanya kepada sejumlah penumpang KA Prameks. Gayung bersambut saat para penumpang langsung menyambar pertanyaan itu dengan keluhan.

Salah seorang penumpang, Marjo, 66, mengeluhkan minimnya lahan parkir bagi pengguna jasa kereta api di Stasiun Solo Balapan. “Cari parkirnya susah, Pak Menteri,” keluhnya.

Advertisement

Menteri lantas menimpali, “Kok tidak naik angkutan saja ke sininya. Atau naik becak?” tambahnya. Marjo lantas menjawab ongkos naik becak dari rumahnya menuju Stasiun Solo Balapan lebih mahal dibandingkan membayar tiket KA Prameks. “Mahalan [tarif] becaknya daripada Prameks,” ujarnya.

Pantauan Solopos.com di Stasiun Solo Balapan, Minggu siang, petugas parkir dari PT Reska Multi Usaha selaku pengelola jasa parkir stasiun memberikan pengumuman parkir sepeda motor maupun mobil di kompleks stasiun setempat telah penuh.

Pengguna jasa kereta api di Stasiun Solo Balapan diarahkan mencari parkir di luar stasiun. Sedangkan parkir di luar stasiun telah meluber ke Pasar Ayu Balapan dan trotoar Jl. Monginsidi di depan Pasar Ayu Balapan.

Advertisement

Menanggapi keluhan pengguna jasa kereta api, Menhub Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk merespons masukan penumpang. “Secara umum pelayanan kereta api di Stasiun Solo Balapan baik. Hanya saja parkirnya penuh. Saya harapkan, PT KAI bisa memperbaikinya dan terus meningkatkan pelayanan untuk masyarakat,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif