News
Jumat, 7 Oktober 2016 - 16:12 WIB

PERAMPOKAN PONDOK INDAH: Adhi John Transfer Rp140 Juta, Cuma Buat 1 Senjata?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Awak media mengambil gambar rumah yang dirampok di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Sabtu (3/9/2016). Polisi berhasil meringkus dua pelaku perampokan rumah di Jalan Bukit Hijau IX No. 17 Permata Hijau. (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A)

Perampokan Pondok Indah diiringi informasi simpang siur. Adhi John diketahui mentransfer Rp140 juta yang katanya untuk membeli sepucuk senjata.

Solopos.com, JAKARTA — Subdit Jatanras Polda Metro Jaya menggali lebih dalam terkait asal muasal dua pucuk senjata yang digunakan para tersangka dalam kasus perampokan di Pondok Indah, Sabtu (3/9/2016). Dalam penelusuran, polisi menemukan bahwa pelaku utama Adhi John (AJS) mentransfer dana Rp140 juta ke sebuah rekening.

Advertisement

“Rp140 juta dari rekening John ke rekening seseorang,” jelas Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Hendy F. Kurniawan kepada Bisnis/JIBI, Jumat (7/10/2016) ketika ditanya terkait asal senjata.

Hendy menjelaskan bahwa penerima uang tersebut adalah seorang wanita. Namun, masih perlu didalami terkait tujuan pengiriman uang tersebut apakah benar untuk transaksi senjata. “Masih kita telusuri karena terkait rahasia perbankan, perlu waktu,” tambahnya.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pemanggilan kepada pemilik rekening. Sebelumnya, satu dari 15 tim kuasa hukum Adhi John, Bambang Sunaryo, mengungkapkan bahwa senjata yang digunakan dalam perampokan tersebut didapatkan seharga Rp160 juta. “Rp160 juta, satu,” katanya.

Advertisement

Senjata tersebut didapatkan dari dua oknum yakni mantan personel angkatan laut dan kepolisian. Bambang juga mendesak agar kepolisian secepatnya mengungkap oknum sumber senjata ini.

Sebelumnya, Bambang mengatakan bahwa istri dari Asep Sulaeman–korban penyanderaan di Pondok Indah–memiliki hubungan dengan seorang mantan Dirut Pertamina. Istri korban ini juga disebut Bambang telah meminta AJ untuk menyelesaikan masalah antara sang mantan Dirut Pertamina dan suaminya.

“Jadi istri Pak Asep yang inisialnya E itu nyuruh AJ datang buat menyelesaikan masalah antara AS [Asep Sulaeman] dengan mantan Dirut Pertamina ini. Kalau sudah diungkapkan kan bisa jadi referensi baru buat penyidik,” sebut Bambang, Rabu (14/9/2016). Baca juga: Adhi John Cs Diduga Benar-Benar Menembak.

Advertisement

Bambang juga menyebutkan bahwa dalam salah satu adegan pra rekonstruksi yang dilakukan di rumah korban, Asep Sualeman, di Pondok Indah, AJ berniat menyampaikan terkait kedekatan dirinya dengan E, istri Asep.

“Saya lupa adegan berapa, tapi di dalam rumah Bapak Asep itu AJS sempat ingin menjelaskan perihal kedekatan dirinya dengan istri Asep berinisial E. AJ juga akan menyampaikan kedekatan AS dengan mantan Dirut Pertamina, tapi di-cut polisi,” kata Bambang, Rabu (14/9/2016).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif