Soloraya
Kamis, 6 Oktober 2016 - 19:27 WIB

Tak Hanya di Jl. Arifin, 4 Pohon di Solo Tumbang Berbarengan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pohon besar tumbang dan menutupi Jl. Arifin, Banjarsari, Solo, Kamis (6/10/2016) siang. (Nicolous/JIBI/Solopos)

Pohon tumbang di Jl. Arifin bukan satu-satunya kasus yang terjadi hari ini. Ada 3 kasus pohon tumbang lainnya yang terjadi berbarengan.

Solopos.com, SOLO — Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Solo tak hanya membuat sebuah pohon beringin berusia puluhan tahun di depan SMP Negeri 27 Solo tumbang dan melintang di Jl. Arifin, Kamis (6/10/2016), pukul 14.00 WIB. Selain itu, ada tiga kasus pohon tumbang lainnya di beberapa tempat dalam waktu hampir bersamaan.

Advertisement

Selain di Jl. Arifin, pohon tumbang juga terjadi di Jl. Kolonel Sutarto, kawasan Pedaringan, serta Jl. Ir. Juanda. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun aliran listrik ke sejumlah jalan dan pelanggan dipadamkan. Kerugian akibat hujan disertai angin kencang di sejumlah lokasi di Solo, Kamis siang, diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Operator Aplikasi Pelayanan dan Keluhan Terpadu PLN Surakarta Kota, Fatimah, mengatakan sejumlah wilayah yang terkena pemadaman akibat pohon tumbang. Beberapa wilayah tersebut di antaranya Jl. Ronggowarsito, Jl. Teuku Umar, Kampung Keprabon Kulon, Triwindu, Jl. R.M. Said, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Kelurahan Kampung Baru, Jl. Imam Bonjol, Jl. Sugiyopranoto, Jl. Kebalen, kompleks Balai Kota, Jl. Arifin, Jl. Jenderal Sudirman, serta kampung Pringgading.

“Listrik di beberapa wilayah kami padamkan beberapa saat untuk perbaikan jaringan. Tadi ranting pohon yang tumbang ada yang mengenai jaringan kami di Jl. Arifin. Tapi tidak ada korsleting,” jelasnya. Baca juga: Diterpa Hujan Angin, Pohon Besar Tumbang di Jl. Arifin Solo.

Advertisement

Hujan disertai angin kencang juga membuat sebuah pohon di kawasan Pedaringan tumbang dan menimpa kios penjual tanaman. Saksi mata yang ditemui wartawan, Theresia Murniwati, 54, mengaku sempat mendengar suara retakan dahan sebelum pohon ambruk dan menimpa kios tanaman hias paling barat.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun satu lemari berisi puluhan tanaman rusak dan ikut ambruk. “Saat kejadian pemilik kios tidak ada di sana. Kerugiannya kira-kira Rp3 juta,” katanya. Baca juga: Horor! Pohon Tumbang di Jl. Arifin Solo Nyaris Timpa Mobil.

Selain itu, sebuah pohon di depan Polres Jebres Jl. Kolonel Sutarto dan di sebelah barat SPBU Pucangsawit Jl. Ir. Juanda juga tumbang saat hujan deras disertai angin kencang mengguyur kawasan Jebres, Kamis siang. Patahan dahan pohon sempat melintang di kedua jalan dan membuat lalu lintas setempat tersendat beberapa saat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif