Jateng
Kamis, 6 Oktober 2016 - 10:50 WIB

PUNGLI TNI : Pangdam Jamin Penerimaan Anggota TNI Tanpa Pungutan Liar

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi. (kodam4.mil.id)

Pungli disinyalir masih terjadi dalam penerimaan anggota TNI.

Semarangpos.com, SEMARANG – Panglima Kodam (Pangdam) IV Diponegoro, Mayjen TNI Jaswandi membantah masih ada praktik pungutan liar (pungli) dalam proses penerimaan anggota TNI. Sebagai jaminan sudah terhapusnya pungli saat penerimaan tentara baru, ia pun menyatakan kesiapan memproses anggotanya yang ketahuan menarik bayaran kepada masyarakat yang ingin menjadi anggota TNI.

Advertisement

Janji ini disampaikan Pangdam seusai memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-71 TNI di Lapangan Parade Makodam IV Diponegoro, Watu Gong, Kota Semarang, Rabu (5/10/2016). Pernyataan ini juga disampaikan untuk menjawab keraguan masyarakat yang menganggap proses penerimaan anggota TNI, baik di jenjang tamtama, bintara, maupun taruna, membutuhkan biaya mencapai ratusan juta rupiah.

“Kami sudah berkomitmen sejak lama bahwa tidak akan ada praktik sogok menyogok dalam proses penerimaan anggota TNI. Hal itu sebagai komitmen kami untuk mendapatkan prajurit terbaik dari lapisan masyarakat. Tentunya ini akan diperoleh dengan cara yang bersih tanpa harus membayar,” ujar Jaswandi kepada para pewarta yang hadir dalam Upacara Peringatan HUT ke-71 TNI di Makodam IV Diponegoro, Watu Gong, Semarang.

Jaswandi pun meminta masyarakat yang mengetahui jika ada praktek pungli dalam penerimaan calon anggota TNI itu melapor kepadanya. Ia menyatakan kesiapan memproses anggotanya yang terlibat praktik pungli itu secara hukum. “Sudah menjadi keputusan pemerintah jika penerimaan anggota TNI itu tidak dipungut biaya. Jadi jika masih ada anggota yang ketahuan melakukan pungutan tentu akan kami proses secara hukum,” tegas Jaswandi.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif