News
Kamis, 6 Oktober 2016 - 22:40 WIB

Perhatian! Ini Ciri-Ciri Beasiswa Palsu

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Beasiswa (Okezone)

Beasiswa ternyata ada yang palsu. Bagaimana ciri-cirinya?

Solopos.com, SOLO — Banyaknya peminat beasiswa membuat sejumlah oknum tidak bertanggung jawab menipu calon pelamar dengan beasiswa palsu.

Advertisement

Apalagi di Amerika Serikat banyak pelamar beasiswa mengalami kerugian sebesar US$1 juta atau sekitar Rp13 miliar. Berikut ini sejumlah tanda-tanda program beasiswa yang Anda ikuti palsu, seperti dikutip dari Hotcourses, Senin (3/10/2016):

Membayar

Dalam beasiswa, umumnya Anda tidak diminta untuk membayar. Karena itu, bila ada program beasiswa yang mengharuskan Anda untuk membayar berhati-hatilah.

Advertisement

 Logo Situs

Dalam program beasiswa yang ditawarkan, biasanya ada sejumlah logo dari universitas, bank sampai institusi lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan status mereka. Namun, Anda jangan terlalu cepat percaya cobalah untuk memastikan lebih lanjut program beasiswa tersebut.

Informasi Seputar Keuangan

Advertisement

Dalam pendaftaran beasiswa, Anda memang diminta untuk memberikan seputar identitas. Namun bukan berarti meminta data keuangan seperti rekening bank, nomor kartu kredit apalagi PIN rekening yang Anda miliki.

Kesempatan Istimewa

Jangan segera percaya bila ada program beasiswa yang langsung memberikan kesempatan istimewa kepada Anda. Cobalah telusuri lebih lanjut seputar kriteria yang akan mendapatkan hak istimewa tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif