Soloraya
Selasa, 4 Oktober 2016 - 23:23 WIB

BANJIR SOLO : Kali Gajah Putih Meluap, Banyuanyar Terendam

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Banjir setinggi pinggang menggenagi kampung Totosari Rw14, Pajang, Laweyan Solo, Selasa (4/10/2016). Banjir akibat luapan Kali Kleco tersebut akibat air kiriman dari daerah Kartasura, dan Boyolali. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Banjir Solo mulai merambah kawasan utara. Kali Gajah Putih meluap dan membuat sebagian Kelurahan Banyuanyar terendam.

Solopos.com, SOLO — Hujan deras yang mengguyur Soloraya, Selasa (4/10/2016) sore hingga malam, tak hanya berdampak pada wilayah Solo bagian selatan. Banjir juga mulai merambah kawasan utara Solo yang berbatasan langsung dengan hulu Kali Pepe atau Kali Gajah Putih.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Gatot Sutanto, permukaan air di Kali Gajah Putih terus meninggi. Bahkan kali yang berhulu di Boyolali tersebut sudah meluber di Kelurahan Banyuanyar, Banjarsari.

Sementara ini, banjir menggenangi kawasan di belakang SMKN 9 Solo. Saat ini, air di Kali Gajah Putih hingga Bendung Karet Tirtonadi terpantau terus naik dan mendekati permukaan atas. Karena itu, permukaan Kali Anyar juga juga terus naik.

Di bagian selatan Solo, banjir melanda dua RW di Sondakan, selain di Pajang, Bumi, dan Tipes. “Kami dapat laporan dari Bumi dan Pajang. Di Pajang ada 55 KK dari RW 014 dan RW 010 yang terdampak banjir,” jelasnya secara terpisah.

Advertisement

Gatot memastikan genangan air di sejumlah wilayah di Soloraya berasal dari banjir kiriman Boyolali. “Saya tadi habis memantau dari wilayah Boyolali-Kartasura-Solo. Memang air dari wilayah barat dan utara atau Boyolali. Hampir semua ruas jalan utama di sana tadi juga tergenang,” bebernya.

Selain di wilayah Laweyan, Gatot juga mewanti-wanti warga yang tinggal di bantaran Kali Anyar, Kecamatan Banjarsari untuk waspada menghadapi banjir kiriman, Selasa malam. “Saya pantau air di Kali Anyar mulai naik drastis.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif