Lifestyle
Minggu, 2 Oktober 2016 - 06:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Mirip ASI, Ini Manfaat Susu Kambing

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manfaat Susu Kambing (Okezone)

Tips kesehatan kali ini mengenai manfaat susu kambing.

Solopos.com, SOLO —  Hampir semua orang mungkin suka minum susu sapi. Tapi, tahukah Anda susu kambing lebih sehat dibanding susu sapi?

Advertisement

Ada sejumlah bukti yang menunjukkan susu kambing bisa lebih sehat dibanding susu sapi. Beberapa manfaat dapat Anda peroleh dari minum segelas susu kambing. Berikut ini beberapa manfaat susu kambing sebagaimana dihimpun dari Thehealthsite, Kamis (29/9/2016):

Mencegah Peradangan

Advertisement

Mencegah Peradangan

Penelitian telah membuktikan susu kambing membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini adalah salah satu alasan utama banyak orang yang minum susu kambing  terhindar dari radang usus.

Mirip ASI

Advertisement

Kaya Asam Lemak

Susu sapi mengandung sekitar 17% asam lemak, sedangkan susu kambing sekitar 35%, sehingga lebih bergizi dan sehat dikonsumsi. Bahkan, 50% orang yang mengalami alergi susu sapi lebih mudah mencerna susu kambing. Karena itu, mungkin bila punya alergi susu sapi bisa beralih minum susu kambing.

Kaya Kalsium

Advertisement

Kebanyakan orang membutuhkan susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium yang mencegah pengeroposan tulang. Tapi susu kambing juga menawarkan kalsium dan asam amino triptofan yang tidak kalah dari sapi.

Kurang Beracun

Susu sapi penuh mengandung bovine somatotropin yang merupakan hormon untuk meningkatkan produksi susu dengan cara tidak wajar. Namun, susu kambing jarang mengandung zat ini, sehingga saat dianjurkan untuk diminum.

Advertisement

Mendorong Sistem Kekebalan Tubuh

Susu kambing mengandung mineral yang dikenal sebagai selenium. Mineral tersebut penting dalam memastikan sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan berfungsi normal. Karena itu, Anda sangat disarankan agar mencoba minum susu kambing.

Kaya Nutrisi

Susu kambing kaya akan sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Susu kambing memenuhi hampir 35% dari kebutuhan kalsium harian ketika meminumnya segelas setiap pagi.

Selain itu, susu kambing juga kaya riboflavin dan fosfor, vitamin B12, protein dan kalium. Jadi, minum susu kambing bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif