Jateng
Minggu, 2 Oktober 2016 - 17:50 WIB

FOTO TAHUN BARU HIJRIAH : Di Suruh, 1 Muharam Disambut Drumblek

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah anak menyajikan pawai drumblek pada Kirab Budaya Hijriah di Jatirejo, Suruh, Kabupaten Semarang, Jateng, Sabtu (1/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Tahun Baru Hijriah dirayakan dengan kirab.)

Sejumlah anak menyajikan pawai drumblek pada Kirab Budaya Hijriah di Jatirejo, Suruh, Kabupaten Semarang, Jateng, Sabtu (1/10/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Advertisement

Tahun Baru 1438 H disambut umat Islam di banyak tempat dengan membuat keramaian, termasuk anak-anak di Desa Jatirejo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Dalam Kirab Budaya Hijriah yang digelar untuk menyambut tahun baru sesuai tarikh Hijriah itu, Sabtu (1/10/2016), sejumlah anak menyajikan atraksi drumblek, semacam drum band namun memanfaatkan alat musik seadanya semacam kaleng bekas dan pipa. Ada pula anak-anak yang menyajikan Tari Rodat dan musik rebana untuk menyambut datangnya 1 Muharram 1438 H itu.

Tarikh Hijriah ditetapkan Khalifah Umar bin Khatab pada tahun 17 H atau 638 M. Sebagai patokan awal atau tahun ke-0 dari tarikh atau perhitungan tahun itu adalah hijrah Rasulullah Muhammad saw dari Mekah ke Madinah. Penamaan bulan disesuaikan dengan kalender Arab waktu itu, sedangkan Muharam dipilih sebagai bulan paling awal dalam tarikh yang dihitung berdasarkan peredaran bulan atau bersifat komariah itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif