Soloraya
Minggu, 2 Oktober 2016 - 19:25 WIB

Malam Ini, Kirab 1 Sura Keraton Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kirab Malam 1 Sura (JIBI/Solopos/Dok)

Kirab 1 Sura Kerato Solo digelar Minggu (2/10/2016) malam ini.

Solopos.com, SOLO — Kirab Malam 1 Sura digelar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat digelar Minggu (2/10/2016) malam ini. Kirab yang akan mengarak 7 kerbau bule dan 9 pusaka ini digelar persis bertepatan dengan 1 Muharam 1438 Hijriah.

Advertisement

Akses jalan di kawasan Kori Kamandungan rencanyanya mulai ditutup sejak pukul 18.00 WIB. Sementara hingga Minggu petang beberapa ruas jalan di Kota Solo tergenang air setinggi lutut.

Koordinator Kirab 1 Suro JE 1950 Keraton Solo, K.P. Satriyo Hadinagoro, Selasa (27/9), mengatakan acara peringatan malam 1 Suro JE 1950 tersebut dimulai dengan prosesi Wilujengan Khol Dalem PB X di Maligi, Minggu pukul 20.30 WIB. Kemudian dilanjutkan Pisowanan di Sasana Sewaka.

Keraton Solo baru menggelar Kirab Pusaka mengelilingi luar Baluwarti pada pukul 23.45 WIB. Satriyo menerangkan, kirab pusaka dimulai dari Kori Kamandungan, Supit Urang barat, Alun-Alun Utara (Alut), Gladak, jalan di utara Benteng Vastenburg, jalan di timur Benteng Vastenburg, Baturono, Gading, Gembegan, Nonongan, kembali ke Gladak, kembali ke Alut, lewat Supit Urang timur, dan finish di Kamandungan lagi.

Advertisement

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo, K.P. Winarno Kusumo, menerangkan dalam Kirab Pusaka, Keraton akan mengarak sembilan pusaka mengelilingi tembok luar Keraton.

Kirab dipimpin cucuk lampah berupa tujuh kerbau bule keturunan kyai Slamet. Dia mempersilakan warga untuk menyaksikan agenda Kirab Pusaka. Keraton sudah menyiapkan kantong parkir di Benteng Vastenburg, Alut, dan Alkid.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif