Jateng
Sabtu, 1 Oktober 2016 - 15:50 WIB

MALAM 1 SURA : Pemkot Semarang Gelar Wayang dan Doa Bersama di Simpang Lima

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - MISA MALAM SATU SURA

Malam 1 Sura dirayakan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan menggelar doa bersama dan pergelaran wayang kulit di lapangan Simpang Lima.

Semarangpos.com, SEMARANG Sebagian besar masyarakat Jawa menganggap malam 1 Sura sesuai tarikh jawa sebagai malam yang sakral. Karenanya, pada malam 1 Sura yang pada umumnya jatuh bersamaan dengan malam 1 Muharam menurut tarikh Hijrah itu, banyak orang Jawa–terutama di Jawa Tengah (Jateng)–yang menggelar ritual tirakat.

Advertisement

Begitu pula dengan yang terjadi di Kota Semarang. Demi memperingati malam 1 Sura yang jatuh pada Sabtu (1/10/2016), Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, berencana menggelar doa bersama yang dilanjutkan dengan pementasan wayang kulit.

Dilansir situs resmi Pemkot Semarang, Jumat (30/9/2016), acara doa bersama dan pementasan wayang kulit ini akan diselenggarakan di lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Sabtu malam. Acara doa bersama sebagai wujud ritual menyambut Malam 1 Sura itu rencana akan dipimpin Ketua NU Semarang, K.H. H. Anashom. Sementara, tausiyah diisi KH Fahrurrozi, dosen UIN Walisongo, Semarang.

Selain doa bersama dan pengajian, acara yang mengusung tema Semarang Semarak, Semanak Guyub Rukun Sak Lawase ini juga akan menampilkan pertunjukan wayang kulit dengan lakon Bimo Suci yang dibawakan oleh dalang Ki Purbo Asmoro.

Advertisement

Ki Purbo Asmoro tidak akan sendiri dalam menghibur masyarakat Semarang yang ingin merayakan Malam 1 Suro di Simpang Lima. Ia akan tampil diiringi pelawak asal Yogyakarta, Yati Pesek.

Acara doa bersama dan pementasan wayang kulit ini, rencana diawali dengan makan tumpeng bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan masyarakat yang hadir di Simpang Lima.

Tumpeng itu merupakan persembahan 280 pengusaha di Kota Semarang. Usai makan tumpeng bersama, Hendi, sapaan Wali Kota Semarang, akan memberikan wayang tokoh utama kepada dalang Ki Purbo Asmoro.

Advertisement

Demi kelancaran acara, Pemkot Semarang akan menyediakan kantong-kantong parkir di sekitar Simpang Lima bagi warga yang hadir dalam perayaan Malam 1 Suro di Semarang itu. Kepala Bagian Humas Pemkot Semarang, Ahyani, mengimbau masyarakat sebaiknya tidak melintas di kawasan Simpang Lima karena akan ada penutupan jalan dari bundaran air mancur Pahlawan saat acara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif