Jogja
Kamis, 29 September 2016 - 06:20 WIB

Polisi Jogja Amankan Ratusan Kartu Identitas, Ada Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Polisi Jogja mendapat laporan tentang temuan kartu identitas.

Harianjogja.com, JOGJA — Petugas Polsek Umbulharjo Kota Jogja mengamankan ratusan kartu identitas terdiri atas kartu tanda penduduk (KTP), surat izin mengemudi (SIM) dan kartu mahasiswa, Selasa (27/9/2016). Ratusan kartu identitas itu ditemukan berserakan di sebuah tempat sampah di Jalan Glagahsari, Umbulharjo, Kota Jogja.

Advertisement

Kapolsek Umbulharjo AKP Yugi Bayu Hindarto menjelaskan pihaknya mengamankan ratusan kartu identitas tersebut karena adanya laporan dari masyarakat. Belum diketahui pihak yang membuang kartu identitas. Akantetapi, setelah dicek satu per satu pada siang kemarin, sebagian besar kartu identitas tersebut telah habis masa berlakunya.

“Sebagian besar sudah kedaluwarsa, ada sekitar 150 lembar ada KTP, SIM dan kartu mahasiswa,” ungkapnya di Mapolsek, Selasa (27/9/2016).

Meski kedaluwarsa, pihaknya tetap melakukan penyelidikan akan temuan itu untuk mengantisipasi kemungkinan adanya muatan kriminal di baliknya. Adapun nama pemilik identitas tersebut berasal dari berbagai wilayah DIY bahkan dari luar DIY juga cukup mendominasi.

Advertisement

“Ini, ada SIM juga habis masa berlakunya pada 2010,” kata Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo Iptu Supatno.

Menurut Supatno, dugaannya, kartu identitas itu sengaja dibuang oleh pengusaha rental VCD. Dari beberapa kartu di pojok kiri atas terdapat tempelan nomor urut.

“Mungkin ini jaminan pinjam VCD, lalu tidak diambil. Tetapi masih kami selidiki jika ada kemungkinan lain,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif