Jateng
Kamis, 29 September 2016 - 23:50 WIB

LOWONGAN KERJA : Career Expo 2016 Dimanfaatkan 20 Perusahaan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bursa kerja (Burhan Aris N./JIBI/Solopos)

Lowongan kerja dibuka event organizer di bursa-bursa kerja, sebagaimana Career Expo 2016 di Gedung Wanita Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Bursa kerja sepertinya menjadi kerja idaman bagi event organizer Semarang. Baru Selasa-Rabu (27-28/9/2016) bursa kerja digelar di Museum Ronggowarsito, Jl. Abdurahman Saleh No.1, Kota Semarang, Kamis (29/9/2016) ada lagi kegiatan serupa di Gedung Wanita Semarang.

Advertisement

Kantor Berita Antara di Semarang memublikasikan kedua kegiatan itu dengan cara berbeda. Bursa kerja lebih akbar di Museum Ronggowarsito bahkan tak disebutkan lokasi pastinya, sedangkan bursa yang hanya diikuti 20 perusahaan bukan hanya terperinci lokasinya namun juga dilengkapi wawancara penyelenggaranya.

Disebutkan Antara, bursa kerja bertajuk Mega Career Expo 2016 di Gedung Wanita Semarang diselenggarakan oleh Garuda Organizer. “Garuda Organizer adalah penyelenggara yang khusus membuat acara seperti bursa kerja dan bazar. Di Jawa Tengah kami telah mengadakan beberapa pameran bursa kerja di Yogya, Solo, dan sekarang di Semarang,” kata perwakilan Garuda Organizer, Ferdy Novianto, Kamis (29/9/2016).

Sejumlah perusahaan yang mengikuti pameran bursa kerja terdiri atas BUMN, nasional, dan multinasional yang bergerak di berbagai sektor, seperti perbankan, warabala, ritel, dan manufaktur. Dia mengatakan terdapat ribuan lowongan kerja yang tersedia dengan menawarkan jenis pekerjaan yang bermacam-macam, mulai dari bidang “sales marketing” hingga tingkat manager yang langsung ditangani oleh HRD perusahaan yang bersangkutan.

Advertisement

Untuk mengikuti pameran itu pencari kerja membayar Rp25.000 dan dapat langsung menyerahkan berkas lamaran pada perusahaan yang diinginkan. Ferdy mengatakan setelah menyerahkan berkas, pelamar juga langsung mengikuti tahapan seleksi selanjutnya oleh perusahaan yang bersangkutan. Bahkan, ada salah satu perusahaan, yaitu PT Haka Sejahtera Indonesia langsung mengadakan psikotes.

Dari sisi latar belakang tingkat pendidikan terakhir membuka lowongan bagi lulusan tingkat SMP sampai S1 dan yang banyak dibutuhkan adalah lulusan SMA/SMK dan D3 terutama untuk fresh graduate. Selain lowongan pekerjaan dalam negeri, ada juga perusahaan yang membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bekerja di luar negeri melalui BNP2TKI.

Bursa kerja yang dilaksanakan Rabu-Kamis (28-29/9/2016) diharapkan dikunjungi 3.000 pengunjung. Pada hari pertama terdapat 1.400 pelamar yang mendatangi Gedung Wanita. “Harapannya para pelamar dapat memperoleh pekerjaan yang diinginkan dan sesuai dengan kemampuan mereka, tidak hanya itu melalui kegiatan ini pelamar juga aktif untuk menggali lebih dalam pekerjaan yang mereka minati,” katanya.

Advertisement

Ferdy mengatakan selain menfasilitasi publikasi lowongan kerja melalui Mega Career Expo 2016 di Gedung Wanita Semarang, Garuda Organizer akan menindaklanjuti layanan bagi para pengunjung dengan memberi informasi jika ada career job atau bursa kerja selanjutnya melalui layanan pesan singkat dan surat elektronik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif