Jogja
Rabu, 28 September 2016 - 12:55 WIB

PEMKAB BANTUL : Peran Dinas Kebudayaan, Dari Serap Danais hingga Pendidikan Karakter

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasar Seni Gabusan (PSG) di alan Parangtritis Bantul. (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Pemkab Bantul memiki rencana tersendiri paska-pemisahan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Harianjogja.com, BANTUL — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul berencana membuat kantor cabang Dinas Kebudayaan setelah memisah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Nantinya, Pasar Seni Gabusan adalah salah satu tempat yang diproyeksikan sebagai kantor cabang Dinas Kebudayaan.

Advertisement

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bantul, Setiya menyatakan dengan adanya pemisahan antara Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata, harapanya mampu optimal menyerap anggaran.

“Keberadaaan Dinas Kebudayaan yang berdiri sendiri diharap mampu mengoptimalkan anggaran dana keistimewaan,” ujarnya, Senin (27/9/2016)

Selain itu, dia juga berharap dengan adanya satu Dinas Kebudayaan tersendiri nantinya mampu membentuk budaya masyarakat Bantul. Menurut dia kebudayaan luas cakupanya, tidak hanya bicara mengenai benda-benda budaya atau sekedar seni pertunjukan, tapi juga mencakup karakter bangsa.

Advertisement

Dia menekankan supaya nantinya kebudayaan tidak hanya dipersempit dengan adanya atraksi seni budaya semata. Terdapat budaya-budaya lain yang menurut dia juga harus menjadi fokus kerja Dinas Kebudayaan nantinya.

“Budya sehat, Budaya sehat, Budaya sejahterah melalui kemandirian ekonomi, etos kerja, dan gotong royong,” imbuhnya.

Lanjut Setiya, perihal pelaksanaaan pemisahan dinas dia mengharapkan untuk dilakukan pada momentum pergantian tahun anggaran. Menurutnya bila dilakukan di tengah jalan akan banyak hambatan secara administrasi pemerintah. Hal itu kata Setiya karena perubahan nomenklatur pada dataran teknis administratif tidak dapat dianggap sederhana.

Advertisement

“Jadi agar semua kondusif, sebaiknya dieksekusi sekalian pada akhir tahun saja. Bulan-bulan ini bisa dilakukan untuk secam tutup buku dan persiapan dinas baru,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif