Teknologi
Rabu, 28 September 2016 - 12:15 WIB

HASIL PENELITIAN : Hati-Hati, Sering Peluk Kucing Bisa Sebabkan Kematian

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kucing Tiffany Two dan pemiliknya Sharron Voorhees (istimewa)

Hasil penelitian kali ini tentnag kucing yang bisa membahayakan nyawa manusia.

Solopos.com, SOLO — Kucing adalah hewan lucu yang dapat memberi manfaat terapi bagi manusia. Namun, bila suka memeluk kucing, Anda harus mulai berhati-hati karena infeksi yang mengancam jiwa.

Advertisement

Peringatan ini disampaikan dari hasil penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat. Lembaga tersebut menemukan penyakit yang disebut cakaran kucing, yang digejalai demam intens, dalam kasus kompleks dapat berakibat fatal, bahkan kematian.

Pemilik hewan peliharaan juga disebutkan dapat tertular penyakit dari kucing saat berciuman, beradu wajah dengan kucing, ketika tercakar, dan tergigit kucing. Anak kucing diketahui induknya bisa membawa bakteri yang ditularkan dari kucing ke kucing oleh kutu.

Langkah-langkah pencegahan normal yang direkomendasikan oleh dokter seperti mencuci tangan setelah kontak dengan hewan peliharaan, kemudian tidak membiarkan hewan Anda sendiri, dan berbaur dengan kucing liar.

Advertisement

Cara lain yang mudah untuk mencegah penyebaran penyakit adalah untuk melindungi hewan peliharaan dari kutu, saran ahli, seperti dikutip dari Alarabiya, Rabu (28/9/2016). Studi, yang dilakukan lebih dari delapan tahun, mensurvei lebih dari 13.000 kasus penyakit cakaran kucing.

Insiden penyakit yang ditemukan 4,5 diagnosis pasien rawat jalan per 100.000 penduduk per tahun, yang lebih tinggi dari yang diperkirakan. Hanya beberapa kasus yang diteliti mengakibatkan kematian dan kemungkinan terjadi karena beberapa pasien ragu untuk mencari bantuan medis. Kelompok usia yang paling berisiko adalah anak-anak antara usia lima dan sembilan tahun.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif