Soloraya
Rabu, 28 September 2016 - 09:34 WIB

BANJIR SOLO : TMA di Pintu Air Demangan 4 Meter, Sangkrah Masih Aman

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lurah Sangkrah Singgih Bagjono (menghadap sungai) meninjau bantaran sungai Bengawan Solo untuk memastikan tidak ada warga yang terdampak banjir, Rabu (28/9/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Banjir Solo terus diwaspadai menyusul tingginya curah hujan.

Solopos.com, SOLO – Tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Demangan tercatat 4 meter (m) pada Rabu (28/9/2016) pukul 09.00 WIB.

Advertisement

Kondisi tersebut masih tergolong aman. Pantauan Solopos.com, Rabu pukul 09.00 WIB, pintu air Demangan belum ditutup. Lurah Sangkrah, Singgih Bagjono, menyampaikan tidak ada warga yang mengungsi selama hujan sejak Selasa (27/9/2016) malam. Menurut dia, tidak ada genangan air atau banjir yang sampai masuk ke rumah-rumah warga.

“Sangkrah aman. Pintu air belum ditutup. Pintur air Demangan baru akan ditutup setelah TMA lebih dari 4 meter. Apabila pintu air Demangan ditutup, air dari kota kan otomatis dipompa. Sekarang belum pintu air belum ditutup,” kata Singgih saat ditemui Solopos.com, Rabu pagi.

Pantauan Espos, warga bantaran Sungai Bengawan Solo di wilayah Sangkrah juga tidak ada yang mengungsi. Air dari Sungai Bengawan Solo tidak sampai masuk ke rumah warga di bantaran. Singgih mengimbau kepada warga di bantaran Sungai Bengawan Solo untuk waspada. Dia menganjurkan warga bantaran untuk segera pindah tempat tinggal dengan ancaman banjir saat hujan.

Advertisement

Disinggung soal antisipasi adanya warga yang mengungsi, Singgih menyebut logistik menjadi kewenangan BPBD Solo. Dia mengeluhkan tidak adanya dana bagi Pemerintah Kelurahan untuk penanggulangan bencana, termasuk warga yang menjadi korban. Singgih berharap pemerintah kelurahan, ksususnya yanh berada di wilayah rawan bencana banjir mendapat alokasi dana penanggulangan bencana.

“Kalau ada dana kan kami bisa bergerak cepat. Siapa tahu ada warga yang harus mengungsi. Sekarang kami belum punya apa apa,” ujar Singgih.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif