Jateng
Selasa, 27 September 2016 - 17:50 WIB

PENEMUAN MORTIR : Cangkul Hantam Mortir, Petani Demak Selamat

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mortir (JIBI/Solopos/Dok.)

Penemuan mortir dilaporkan petani Desa Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar, Demak.

Semarangpos.com, DEMAK — Seorang petani menemukan benda diduga mortir di tepian Sungai Zipon, wilayah Desa Wonoketingal, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), Senin (26/9/2016). Benda berbentuk bulat lonjong berukuran panjang 45 cm dengan diameter 15 cm tersebut kini diamankan polisi.

Advertisement

Laman aneka berita Okezone.com, Selasa (27/9/2016) terpantau Semarangpos.com memberitakan mortir tersebut kali pertama ditemukan oleh Solikin, 59, warga Dukuh Lor Desa Wonotingal saat hendak menanam bibit labu di lahan tepian sungai. Cangkulnya tanpa sengaja mengenai benda keras.

Tak terus memukulkan cangkul ke benda keras itu, Solikin selamat dari kemungkinan meledaknya yang belakangan diidentifikasi sebagai mortar itu. Setelah mengangkat benda itu dari timbunan tanah, barang temuannya itu lalu dibawa Solikin ke rumah Sokheh, 68, petani lain, untuk kemudian dilaporkan ke Polsek Karanganyar.

“Saya tidak tahu itu benda apa, tapi bentuknya bulat lonjong dan keras,” terangnya.

Advertisement

Lantaran terlihat aneh, dirinya mencoba menanyakan benda tersebut kepada Sokheh, tetangganya yang juga seorang petani. Namun, disarankan untuk lapor ke polisi. “Karena saya tidak tahu, akhirnya saya lapor ke polisi,” lanjutnya.

Kapolres Demak, AKBP Heru Sutopo menyampaikan bahwa temuan mortir tersebut sudah ditindaklanjuti. Selain meminta keterangan para saksi, pihaknya juga telah memasang garis polisi di lokasi penemuan bahan peledak itu. “Untuk selanjutnya, kami bekerja sama dengan Tim Jihandak dari Satbrimob Polda Jateng untuk melakukan tindakan pengamanan [mortir tersebut],” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif