Jogja
Selasa, 27 September 2016 - 00:40 WIB

DANA DESA GUNUNGKIDUL : Termin Kedua Rp42 Miliar Siap Cair

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Dana yang disalurkan tersebut merupakan bagian dari total dana desa 2016 yang mencapai Rp 103 miliar.

Harianjogja.com, WONOSARI-Menteri Keuangan akhirnya menggelontorkan dana desa tahap kedua kepada Kabupaten Gunungkidul. Dana yang disalurkan tersebut merupakan bagian dari total dana desa 2016 yang mencapai Rp 103 miliar.

Advertisement

Sekretaris Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset daerah (DPPKAD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan sejak Jumat (23/9) pekan lalu, Pemerintah pusat telah menggelontorkan Dana desa sebanyak Rp42 Miliar tersebut.

“Sudah cair namun masih di rekening kas daerah, tinggal disalurkan kepada desa saja,” ujar Edy, Senin (26/9/2016).

Edy menjelaskan bahwa pencairan akan dilakukan kepada desa-desa yang sudah menyelesaikan dan melengkapi sejumlah berkas administrasi yang telah ditetapkan dalam aturan penggunaan dana desa.

Advertisement

Pencairan dana desa pada termin kedua ini dikatakannya perlu memenuhi sejumlah persyaratan, yakni mesti menyampaikan laporan penggunaan dana desa pada termin sebelumnya. Selain itu, rencana penggunaan anggaran dana desa termin dua pun perlu dibubuhkan dalam persyaratan pengajuan pencairan dana.

Pencairan dana desa tahun ini tergolong lebih cepat dibading tahun 2015 lalu. Sebelumnya pencairan selesai dilakukan pada akhir Desember. Sementara tahun ini akhir September pencairan telah dilakukan sehingga pemerintah desa dapat memanfaatkan waktu yang tersisas untuk penggunaan anggaran.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga berencana (BPMPKB) Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto membenarkan bahwa saat ini Dana desa masih berada di rekening APBD Gunungkidul.

Advertisement

“Minggu ini akan segera kita transfer rekening desa,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif