Lifestyle
Senin, 26 September 2016 - 23:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Ini Efek Samping Konsumsi Pepaya

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pepaya (JIBI/Dok)

Tips kesehatan kali ini mengenai efek samping dari buah pepaya.

Solopos.com, SOLO — Pepaya dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Siapa yang tidak suka makan buah sehat ini? Tapi pepaya juga memiliki efek samping saat dikonsumsi secara berlebihan.

Advertisement

Berikut beberapa efek samping dari pepaya ketika dikonsumsi berlebihan sebagaimana dihimpun Solopos.com dari Zeenews, Kamis (22/9/2016):

Karotenemia

Advertisement

Karotenemia

Mengonsumsi pepaya secara berlebihan dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Secara medis dikenal sebagai karotenemia karena kehadiran beta karoten dalam buah. Karotenemia adalah kondisi putih mata, telapak, dan telapak tangan menjadi kuning, seolah-olah Anda terkena serangan penyakit kuning.

Gangguan Pernapasan

Advertisement

Ruam Kulit

Pepaya baik untuk kulit karena mengandung enzim papain dan antioksidan. Namun, tidak setiap jenis kulit bereaksi dengan cara yang positif dan mungkin mengalami gatal dan menyebabkan ruam kulit menjadi kering.

Sembelit

Advertisement

Meskipun pepaya dikenal menjadi obat alami yang efektif untuk sembelit, tetapi terlalu banyak dapat memengaruhi secara negatif. Ketika asupan serat Anda tinggi, kuantitas air juga harus meningkat, kotoran Anda akan mengeras dan menyebabkan Anda sembelit.

Sakit Perut

Buah ini baik untuk perut tapi makan terlalu banyak mungkin mengganggu sistem pencernaan Anda. Kehadiran serat berlimpah bersama dengan lateks dari kulit papaya bisa menyebabkan sakit perut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif