Jateng
Minggu, 25 September 2016 - 15:50 WIB

KEBAKARAN SEMARANG : Banyak Mobil Parkir di Gang Sempit, Pemadam Kebakaran Kerepotan

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menyaksikan kebakaran Pasar Johar Semarang, Sabtu (9/5/2015). (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Kebakaran di Semarang pemadamannya diakui Dinas Kebakaran sulit karena banyaknya mobil terparkir di gang-gang perumahan.

Semarangpos.com, SEMARANG – Dinas Kebakaran Kota Semarang mengeluhkan banyaknya mobil yang terparkir di gang-gang sempit di kawasan perumahan Kota Semarang. Banyaknya mobil yang parkir di gang sempit ini membuat pasukan pemadam kebakaran kesulitan saat hendak memadamkan kebarakan di kawasan perumahan padat penduduk.

Advertisement

“Sekarang ini, kami sering menemui gang-gang di perumahan yang dipenuhi mobil parkir. Bahkan, parkirnya di dua sisi,” ujar Kepala Bidang Operasional Dinas Kebakaran Kota Semarang, Sumarsono, di Semarang, Jumat (23/9/2016).

Kalau memang gangnya tidak sempit, Sumarsono tidak mepermasalahkan mobil diparkir. Namun, berbeda persoalannya jika gang sempit karena membuat mobilitas kendaraan pemadam kebakaran menjadi kerepotan apabila terjadi kebakaran.

Diakuinya bahwa permasalahan parkir mobil di kawasan perumahan yang kurang tertata merupakan persoalan baru bagi Dinas Kebakaran Kota Semarang seiring dengan makin banyaknya warga yang memiliki mobil.

Advertisement

Sebelumnya, Dinas Kebakaran Kota Semarang juga terkendala dengan banyaknya gang-gang yang diportal dan diberi alat pembatas kecepatan atau polisi tidur sehingga membuat mobil pemadam kebakaran kesulitan melewati.

“Kalau untuk portal dan polisi tidur kami sudah kirim surat ke kelurahan. Sudah lumayan teratasi, sekarang sudah banyak masyarakat yang sadar dan membuka portal di kampung-kampung,” jelas Sumarsono.

Berkaitan dengan kasus kebakaran yang kerap terjadi di Kota Semarang, Sumarsono bersyukur curah hujan belakangan ini yang relatif tinggi. Kondisi itu pun memiminalisasi terjadinya kasus kebakaran.

Advertisement

Sumarsono menyebutkan kebakaran di Kota Semarang sepanjang 2016 ini mencapai 110 kasus. Jumlah ini relatif lebih sedikit daripada kebakaran yang terjadi selama 2015 lalu yang mencapai 190 kasus.

BACA JUGA: Dinas Kebakaran Semarang Kurang Mobil dan Personel, Begini Idealnya…
KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif