Soloraya
Minggu, 25 September 2016 - 20:00 WIB

Kisah Inspiratif! Butuh Biaya Persalinan, Pria Miskin Boyolali Kembalikan Uang Temuan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Danang Nur Cahyanto, 20, sesaat setelah melangsungkan ijab kabul pernikahan di Colomadu, Karanganyar, didampingi keluarganya, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Seorang pria miskin di Klego, Boyolali, menunjukkan kejujurannya mengembalikan uang temuan. Padahal dia butuh uang untuk biaya persalinan.

Solopos.com, BOYOLALI — Tanpa sengaja, Danang Nurcahyanto, pria asal RT 008/ RW 002 Desa Blumbang, Klego, Boyolali, menemukan segepok uang Rp2 juta dan handphone (HP) mewah di tepi jalan raya. Namun reaksinya benar-benar langka, karena pria sederhana itu sama sekali tak terbesit untuk memiliki apalagi menikmati uang kaget itu.

Advertisement

Pemuda yang baru setahun menikah itu justru harus pontang-panting ke sana kemari untuk mencari tahu pemiliknya, lalu mengantar ke pemiliknya. Gara-gara besarnya tanggung jawab inilah, pemuda 20 tahun ini rela tak tidur berhari-hari.

“Setelah saya menemukan uang itu, malam itu juga langsung saya posting di Facebook. Sejak itulah, saya tak tidur. Saya terus menjawab pertanyaan orang-orang yang mengaku kehilangan uang,” kisah Danang saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (25/9/2016).

Danang bukan orang kaya, justru sebaliknya lahir dari keluarga yang serba kekurangan. Bahkan saat ini, dia sedang membutuhkan banyak uang untuk membiayai kelahiran anak pertamanya. Di satu sisi dia bisa menggunakan uang itu kapan saja, namun di sisi lain nuraninya terus tergerak untuk mengembalikan uang tersebut ke pemiliknya.

Advertisement

Di dalam hati Danang, berkecamuk dua dorongan yang sangat kuat. Ia terus membayangkan anak pertamanya yang segera lahir, tapi juga membayangkan betapa sedihnya orang yang kehilangan uang itu. “Saya lantas yakinkan istri dan mertua bahwa insya Allah akan ada rezeki dari jalan lain. Yang penting anak kita lahir sehat,” kata Danang meyakinkan istrinya.

Kamis (15/9/2016) malam, dia mengunggah pengumuman soal penemuan uang dan dompet tersebut di akun Facebooknya. Dua hari setelah itu, sang pemilik akhirnya datang menemuinya. Sang pemilik itu terharu dan angkat topi kepada Danang.

“Kenapa uang itu enggak Anda pakai untuk biaya persalinan istri jenengan,” kisah Danang mengulang pertanyaan si empunya. “Sebab, uang itu bukan milik saya,” jawab Danang.

Advertisement

Sebagai ungkapan terima kasih dan tanda persahabatan, Danang dikasih uang dalam amplop. Danang tak ingin membuka isinya. “Saya takut tak ikhlas. Amplop itu saya berikan istri saya tanpa saya tahu berapa isinya,” ujarnya.

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Inspiratif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif