Sport
Sabtu, 24 September 2016 - 15:25 WIB

PON 2016 : DIY Sapu Bersih Emas di Renang Indah

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Claudia Megawati Suyanto (Antarafoto)

PON 2016 cabang olahraga renang indah milik DIY

Harianjogja.com, BANDUNG — Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta menyapu bersih tiga medali emas cabang olahraga renang indah yang dipertandingkan di ajang PON XIX/Jawa Barat setelah berhasil kembali merebut emas di nomor team free routine.

Advertisement

Tim dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berhasil mengungguli lima pesaingnya dalam partai final renang indah nomor tim yang digelar di Gelanggang Renang FPOK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Sabtu (24/9/2016).

DIY yang dimotori oleh dua atlet renang indah Claudia Megawati Suyanto dan Annisa Feritianti yang pada nomor duet berhasil mendapatkan emas, pada hari ini berhasil mendapat poin tertinggi, yakni 73,3 poin setelah dengan sempurna melakukan tekniknya selama lebih kurang tiga menit.

Tim DIY yang skuatnya terdiri dari pemain berusia 15-22 tahun, antara lain Claudia Megawati Suyanto, Pratiwi Adhiati Kusumawardani, Putri Yanindha Sari, Dea Vania Putri, Annisa Feritrianti dan Nabilah Marwa itu berhasil menang setelah memimpin tiga jenis penilaian, yaitu eksekusi 22,10, artistik impresi 29,60 dan tingkat kesulitan 21,60.

Advertisement

Pelatih tim DIY asal Rusia, Anna Nasekina yang mengaku baru tinggal di Indonesia dalam lima bulan mengatakan, dalam partai final itu tim DIY memperagakan tarian bertema tradisional yang terinspirasi dari tarian Bali, Jawa dan daerah lainnya.

“Saya terinspirasi dari budaya tradisional Bali dan Yogyakarta dan saya memutuskan memasukan elemen ini ke tim dan di dalam pertunjukan kita dapat melihat kecak dan tarian lainnya, saya pikir akan menarik untuk memperagakan tarian itu di air,” kata Anna setelah pengalungan medali.

Atas capaian ini DIY berhak mendapatkan medali emas ketiganya di cabang olahraga renang indah setelah pada nomor duet berhasil meraih emas melalui Claudia Megawati dan Annisa Feritrianti, serta pada nomor individu juga melalui Claudia Megawati.

Advertisement

Sementara untuk petingkat kedua pada nomor team free routine, diduduki oleh tim Jawa Timur yang dimotori pemain nasional Livia Lukito dengan total raihan poin 71,53 dan berhak mendapat medali perak.

Sedangkan tim tuan rumah Jawa Barat yang juga dimotori pemain tim nasional Rosa Palmastuti menempati posisi ketiga dan berhak mendapat medali perunggu.

Advertisement
Kata Kunci : Pon 2016 Renang Indah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif