News
Sabtu, 24 September 2016 - 21:45 WIB

MISTERI SS OURANG MEDAN :  Kapal Kargo Ini Tenggelam Diduga Karena Hantu?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Diduga SS Ourang Medan (leifericksonwriting.com)

Misteri SS Ourang Medan yang diduga tenggelam di Selat Malaka masih menjadi misteri.

Solopos.com, SOLO —  SS Ourang Medan merupakan kapal kargo milik Belanda yang diceritakan tenggelam di perairan Selat Malaka. Penyebab dan kebenaran peristiwa itu masih menjadi misteri sampai sekarang.

Advertisement

Sailing Ship (SS) Ourang Medan banyak dibicarakan karena tenggelamnya hingga kini masih menjadi misteri. Kapal yang namanya berarti Orang Medan itu adalah kapal kargo milik Belanda.  Seluruh awak kapal SS Ourang Medan diceritakan tewas tanpa sebab yang jelas. Saat kapalnya akan dievakuasi, SS Ourang Medan meledak secara misterius kemudian tenggelam.

Mengenai waktu kejadian peristiwa tersebut, ada dua referensi dengan tanggal yang berbeda. Laman Wikipedia menuliskan kejadian terjadi pada Juni 1947. Sedangkan penulis cerita misteri Vincent Hayes Gaddis menuliskan peristiwa itu terjadi pada Februari 1948.

Diceritakan, ada dua kapal Amerika Serikat sedang berlayar di Selat Malaka. Kapal itu adalah SS City of Baltimore dan SS Silver Star. Kedua kapal itu mendapat pesan darurat yang setelah diselidiki berasal dari SS Ourang Medan. Pesan yang dikirim mengungkap seluruh awak kapal termasuk kapten kapal telah tewas.

Advertisement

SS Silver Star adalah kapal terdekat dengan SS Ourang Medan. Alhasil, kapal dari Amerika itu mengubah haluan dan mendekati SS Ourang Medan. Hal mengejutkan ditemukan awak kapal SS Silver Star, SS Ourang Medan sudah dipenuhi dengan jasad awak kapalnya yang nampak tewas karena ketakutan. Diceritakan jasad yang ditemukan tanpa luka sedikitpun namun wajah mereka ketakutan dan matanya membelalak.

Bingung dengan apa yang sebenarnya terjadi, Kapten SS Silver Star memutuskan untuk menarik SS Ourang Medang ke pelabuhan terdekat. Baru saja proses evakuasi akan dilakukan, muncul kepulan asap dari lambung SS Ourang Medan, kapal itu tiba-tiba terbakar dan meledak hingga tenggelam.

Sampai sekarang, peristiwa ini masih menjadi misteri karena penyebab pasti belum diketahui. Hal ini juga memberi wacana baru yang menyatakan peristiwa itu hanyalah legenda yang tidak benar adanya.

Advertisement

Meski demikian, catatan mengenai SS Ourang Medan dan kecelakaan misterius itu pernah diterbitkan lembaga yang kredibel. Lembaga Pengamanan Laut Amerika Serikat pada Mei 1952 menerbitkan jurnal Proceedings of the Merchant Marine Council yang membahas SS Ourang Medan.

Beberapa teori telah berkembang mengenai penyebab kecelakaan misterius itu. Ada dugaan SS Ourang Medan mengangkut bahan kimia berbahaya yang meracuni awak kapal. Selain itu ada juga teori tentang kebocoran mesin uap kapal yang menyebabkan seluruh awak kapal keracunan Karbon Monoksida. Kebocoran itu juga dihubungkan dengan ledakan yang menenggelamkan kapal.

Teori ketiga adalah fenomena supernatural. Artikel dari Majalah Fate menghubung-hubungkan ekspresi korban yang ketakutan sebagai serangan supernatural.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif