News
Sabtu, 24 September 2016 - 12:45 WIB

Kondisi Mengenaskan, Nenek Ini Rawat Putri yang Keterbelakangan Mental Sendirian

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nenek Luh Siki bersama purtinya (Facebook)

Nenek-nenek dari Bali bernama Luh Siki hidup dalam kondisi memprihatinkan.

Solopos.com, BALI – Luh Siki, 65, hidup memprihatinkan bersama putrinya yang menderita keterbelakangan mental. Di usia senja Luh Siki menggantungkan hidupnya dari bantuan sekitarnya.

Advertisement

Kondisi Luh Siki ini sempat diunggah pengguna akun Facebook Andy Karyasa Wayan, Senin (19/9/2016), lalu. Dalam unggahannya yang menjadi viral itu pengguna akun Andy Karyasa Wayan mengajak semua pihak untuk memberikan bantuan.

Luh Siki tinggal di Dusun Karanganyar, Desa Banjarasem, Seirit, Buleleng, Bali. Ia hidup bersama putrinya Kadek Ayu. Putrinya itu tidak mampu membantu Luh Siki dalam kegiatan sehari-hari karena menderita keterbelakangan mental.

Kadek Ayu dikabarkan sering membawa sampah dan sisa-sisa makanan ke dalam rumah. Luh Siki seorang diri tidak mampu setiap hari membersihkan rumah.  Hal itu membuat rumah tinggal Luh Siki nampak kumuh dan kotor.

Advertisement

Kondisi itu bertambah berat bagi Luh Siki karena sekarang ia tak lagi mampu berjalan. Diceritakan oleh pengguna akun Andy Karyasa Wayan, Luh Siki belum lama ini terjatuh hal itu membuatnya lumpuh.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Jumat (23/9/2016), pukul 20.30. Unggahan pengguna akun Andy Karyasa Wayan itu sudah mendapat lebih dari 7.000 komentar dan dibagikan lebih dari 9000 kali.

Selama ini pemerintah dusun dan desa di mana Luh Siki tinggal sudah memberi banyak bantuan. Bantuan rumah, beras, dan bantuan-bantuan lain sudah rutin disalurkan. Meski demikian, pengguna akun Andy Karyasa Wayan menegaskan bantuan tambahan dari berbagai pihak akan sangat membantu untuk keberjalanan hidup Luh Siki ke depannya.

Advertisement

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif