Teknologi
Jumat, 23 September 2016 - 23:10 WIB

Kecanduan Buru Pokemon? Ikuti 5 Cara Ini Biar Sembuh

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aktivitas bermain Pokemon Go (Sputiknews.com)

Demam Pokemon Go menjadi negatif jika menjadikan seseorang lupa waktu.

Solopos.com, SOLO Pokemon Go menjadi salah satu permainan (game) smartphone terpopuler saat ini. Saking asyiknya tidak sedikit pemain yang kecanduan sampai tidak bisa lepas dari game, lupa waktu, bahkan memengaruhi produktivitas dan kesehatan.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari Theguardian, Jumat (23/9/2016), berikut ini lima langkah supaya pengguna smartphone bisa terbebas dari kecanduan terhadap game Pokemon Go:

Batasi Waktu Bermain
Mulailah lebih tegas terhadap diri sendiri dengan cara membatasi waktu bermain Pokemon Go. Misalnya hanya membuka aplikasi selama 30 menit setiap empat sekali jam atau bisa lebih ekstrem hanya satu jam dalam sehari. Sesuaikan dengan waktu belajar, jam kerja, dan jam tidur.

Tinggalkan Powerbank
Bukan rahasia lagi bahwa game Pokemon Go sangat menguras daya baterai smartphone. Oleh karena itu sebaiknya tinggalkan perangkat penyimpan daya powerbank di rumah. Dengan demikian Anda akan berusaha untuk lebih menghemat baterai, salah satunya dengan menahan hasrat berburu Pikachu.

Advertisement

Copot Aplikasi
Apabila dua cara itu tidak juga mempan mengatasi kecanduan, langkah terakhir adalah dengan cara mencopot (uninstall) aplikasi Pokemon Go dari smartphone. Pada Android bisa dilakukan dengan cara menahan ikon aplikasi beberapa detik dan menyeret ke bagian atas layar atau melalui menu pengaturan.

Sementara pada perangkat IOS seperti Iphone, Pokemon Go bisa dihapus dengan cara menahan ikon aplikasi beberapa saat kemudian ketuk pada tanda silang di pojok kanan atas. Berikutnya pilih Yes untuk mengonfirmasi penghapusan aplikasi.

Hapus Akun
Setelah meng-uninstall aplikasi, selanjutnya hapus akun Pokemon Go Anda secara permanen. Kunjungi alamat https://support.pokemongo.nianticlabs.com/hc/en-us/requests/new?ticket_form_id=232387 kemudian isikan data seperti email dan nickname akun yang ingin dihapus.

Advertisement

Jika sudah menghapus akun, umumnya pemain akan malas membuat akun baru karena untuk mencapai level tinggi seperti pemain lain membutuhkan waktu yang lama.

Main ke Luar dan Cari Hobi Lain
Nilai positif dari Pokemon Go adalah game itu mengharuskan pemainnya mengunjungi taman kota dan tempat wisata untuk mengakses Pokestop dan Pokegym. Tanpa bermain Pokemon Go pun Anda tetap bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk sekadar cuci mata atau menekuni hobi lain, misalnya berburu foto.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif