Soloraya
Jumat, 23 September 2016 - 16:40 WIB

CITY WALK SUKOHARJO : Pemkab Akan Bangun Hingga Patung Jamu, Anggaran Rp24,160 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para petugas dari Balai PSDA Bengawan Solo Dinas PSDA Jawa Tengah mengecek kondisi fisik paket IV proyek city walk di depan Perumahan Puri Lestari, Sidorejo, Bendosari, Sukoharjo, Selasa (16/2/2016). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

City Walk Sukoharjo tak hanya di Jl. Jenderal Sudirman tetapi hingga patung jamu Bulakrejo.

Solopos.com, SUKOHARJO–Proyek pembangunan city walk atau wajah Kabupaten Sukoharjo tahun ini diharapkan selesai. Pembangunan city walk dilakukan sepanjang Jalan Sudirman atau jalan protokol Sukoharjo. Tahun ini, pembangunannya dibagi dalam tiga bagian dengan total anggaran senilai Rp24,160 miliar. Tiga proyek itu telah diketahui pemenang lelangnya.

Advertisement

Pernyataan itu disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom), Sarwidi saat mendampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo, Suraji ditemui wartawan di kantornya, Jumat (23/9/2016). Sarwidi menjelaskan pagu anggaran ketiga proyek senilai Rp24,160 miliar sedangkan pagu Harga Perkiraan Sendiri (HPS) senilai Rp23,656 miliar. “Nilai total ketiga proyek dari penawaran para pemenang lelang senilai Rp21.766.322.000.”

Sarwidi menjelaskan setelah pengumuman pemenang lelang dilanjutkan masa sanggah hingga Senin (26/9/2016). “Setelah tidak ada sanggahan dari peserta lelang yang lain maka para pemenang lelang segera dikumpulkan untuk mendapat penjelasan. Seusai penjelasan pekerjaan proyek segera diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK). Ketiga proyek tersebut sesuai kontrak habis pada 20 Desember mendatang. Nilai penawaran ketiga rekanan pemenang lelang di bawah HPS,” jelas Sarwidi yang juga Kabid Perumahan DPU Sukoharjo.

Menurut Sarwidi pemenang lelang pekerjaan penataan wajah Kabupaten Sukoharjo segmen I atau depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) hingga Patung Jamu, Bulakrejo, Sukoharjo adalah PT Tanggung Jaya. Rekanan pemenang lelang menawarkan nilai pekerjaan senilai Rp7.614.288.000. “Pekerjaan ini terdapat 51 peserta lelang tetapi yang mengajukan penawaran hanya enam peserta,” ujarnya.

Advertisement

Lebih lanjut Sarwidi mengatakan dua paket lain jumlah peserta juga banyak tetapi yang memasukkan penawaran kurang dari 10 peserta. Sarwidi menyebutkan pembangunan penataan jalan wajah Kabupaten Sukoharjo paket 2 diikuti 48 peserta tetapi hanya enam peserta yang memasukkan surat penawaran. Pemenang lelang paket 2 ini adalah PT Karya Bisa Cabang Sukoharjo. Paket 3 pembangunan penataan jalan wajah Kabupaten Sukoharjo dimenangkan oleh PT Budi Karya Luhur.

“Peserta lelang paket 3 sebanyak 49 peserta tetapi yang memasukkan surat penawaran hanya sembilan peserta,” ujarnya.

Kepala DPU Sukoharjo, Suraji, berharap selesainya ketiga proyek pembangunan itu wajah Kabupaten Sukoharjo berubah lebih indah dan nyaman. Dia menjelaskan paket 2 dimulai dari Jembatan Nandan ke selatan dan paket 3 dimulai dari Jembatan Nandan ke utara hingga selatan Kantor BPN Sukoharjo. “Jalan Sudirman sudah menjadi jalan kabupaten sehingga perlu ditata.”

Advertisement

Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukoharjo, menegaskan penutupan saluran irigasi sekunder di Jl. Jenderal Sudirman tetap dilanjutkan. Menurutnya, proyek penutupan saluran irigasi dan drainase tidak perlu izin instansi lain. “Sungai atau saluran air itu masuk dalam ruang marjin jalan di Jalan Sudirman yang menjadi aset Sukoharjo. Penyerahan aset jalan tidak mungkin hanya badan jalan saja tetapi termasuk RMJ.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif