Soloraya
Jumat, 23 September 2016 - 19:15 WIB

BURSA SEKDA SOLO : Budi Yulistianto Jadi Sekda dan Plt Kepala DPPKA

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sekda Solo Budi Yulistianto, (Dok/JIBI/Solopos)

Bursa Sekda Solo, Budi Yulistianto dilantik menjadi Sekda.

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Yulistianto segera tancap gas merampungkan penyusunan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru. SOTK tersebut ditargetkan selesai akhir tahun dan efektif berjalan 1 Januari mendatang.

Advertisement

Hal itu disampaikan Wali Kota seusai melantik Sekda Budi Yulistianto di Bale Tawangarum kompleks Balai Kota, Jumat (23/9/2016). Pelantikan dihadiri pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Muspida, PKK dan Dharma Wanita.

“Saya ajak Pak Budi langsung bekerja dan tidak perlu pemanasan terlebih dahulu. Hari ini langsung bekerja,” kata Wali Kota.

Selain merampungkan SOTK, Wali Kota juga meminta Sekda selaku ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) segera menyusun kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA dan PPAS) APBD 2017. Wali Kota yang akrab disapa Rudy, mengaku tidak ingin penyusunan SOTK maupun KUA PPAS hingga penetapan APBD 2017 molor dari target. “Targetnya akhir tahun semua sudah selesai, dan awal tahun bisa berjalan, seperti SOTK baru dan APBD 2017 telah ditetapkan,” katanya.

Advertisement

Ihwal kursi jabatan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) yang kosong, Rudy telah menunjuk Budi Yulistianto sebagai Plt. Kepala DPPKA. Rudy mengatakan beberapa pertimbangan, di antaranya agar penyusunan KUA dan PPAS APBD 2017 berjalan baik. Mengingat pengalaman Budi Yulistianto selama memimpin DPKKA sejak 2009 lalu, mampu menghantarkan Kota Solo meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Jadi Pak Budi masih kita pakai untuk menjabat Kepala DPPKA. Kami belum menemukan yang pas untuk posisi itu, nanti kalau sudah ada yang pas pasti akan diganti definitif,” katanya.

Sekda Budi Yulistianto mengatakan siap menjalankan tugas dan kewajiban sebagai sekda. Budi juga siap merampungkan perombakan SOTK. Pihaknya menargetkan pembahasan uraian tugas Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) rampung pekan ini. Selanjutnya tinggal menyiapkan personel dan penyusunan KUA dan PPAS APBD 2017.

Advertisement

Diketahui, Budi Yulistianto akhirnya ditetapkan dan dilantik menjadi Sekda, setelah melalui serangkaian seleksi dari tim panitia seleksi (pansel) sekda hingga tingkat Gubernur Jawa Tengah. Pria kelahiran Jakarta 15 Juli 1958 berhasil menyisihkan lima pejabat lainya yang turut meramaikan bursa Sekda, yakni Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Etty Retnowati; Asisten Administrasi Pembangunan Setda Solo, Rakhmat Sutomo; Asisten Pemerintahan Setda Solo, Said Romadhon; Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Widdi Srihanto; dan Kepala Inspektorat, Untara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif