Jogja
Jumat, 23 September 2016 - 09:20 WIB

BANDARA KULONPROGO : Ini Ragam Pekerjaan yang Dibutuhkan NYIA

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah siswa SMK Ma'arif 1 Wates mengikuti program BUMN Mengajar yang diisi oleh General Manager Bandara Adisucipto, Kamis (22/9/2016).(Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo akan mengutamakan pegawai lokal.

Harianjogja.com, KULONPROGO — PT Angkasa Pura 1 berjanji memberikan prioritas kesempatan kerja kepada warga Kulonprogo di Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). Warga Kulonprogo juga diminta memenuhi kompetensi yang dibutuhkan untuk sejumlah posisi yang tersedia.

Advertisement

(Baca Juga : BANDARA KULONPROGO : Warga Terdampak Dibagi 2 Kelompok, Apa Saja?)

General Manager Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama usai mengisi program BUMN Mengajar di SMK Ma’arif 1 Wates, Kulonprogo pada Kamis (22/9/2016) mengatakan BUMN seperti Angkasa Pura membutuhkan tenaga kerja lulusan SMA dan SMK di berbagai sektor, salah satunya sebagai keamanan. Di hadapan puluhan siswa sekolah kejuruan tersebut, Agus mengingatkan akan peluang serta kesempatan  yang ditawarkan bandara kepada masyarakat Kulonprogo.

Adapun, BUMN Mengajar sendiri merupakan program dari Kementeriaan BUMN yang ditujukan bagi siswa SMK dan SMA guna memberikan motivasi dan wawasan terkait dunia kerja. Rahmat Raharjo, Kepala SMK Ma’arif 1 Wates menyatakan senang dengan program yang dilaksanakan di sekolahnya ini.

Advertisement

Menurutnya, hal ini menjadi wujud komunikasi sekolah kejuruan dengan dunia industri.

“Hal yang bermafaat, siswa mendapatkan gambaran langsung dunia kerja,”jelasnya kepada wartawan.
Selain itu, secara khusus siswanya juga mendapatkan gambaran mengenai peluang kerja yang bisa didapat di Bandara Temon ini.

Rahmat memaparkan selama ini siswanya sama sekali tak memiliki gambaran mengenai kesempatan bekerja di industri penerbangan. Terlepas keharusan adanya seleksi untuk menjadi tenaga kerja di bandara bagi siswa lulusan Kulonprogo, ia menyambut baik janji prioritas perekrutan dari Angkasa Pura ini. Namun, ia menilai bahwa ada arah bahwa akan disusun nota kesepahaman antara pihak sekolah dengan Angkasa Pura.

Advertisement

Sementara itu, salah satu peserta, Bagus Wahyu Jatmiko, siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 5 SMK Ma’arif 1 Wates mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan gambaran jelas mengenai bandara yang akan dibangun di daerahnya ini. Meski demikian, ia menyatakan keengganannya apabila hanya bekerja sebagai tenaga keamanan di bandara.

“Kalau Cuma security di bandara, saya tidak mau,”ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif