News
Kamis, 22 September 2016 - 14:00 WIB

KOMPETISI SEKOLAH : Juara Umum LKS SMK 2016, Solo Boyong 30 Medali

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan belajar siswa SMK. (JIBI/Solopos/Dok.)

Kompetisi Sekolah LKS SMK XXV 2016 menempatka Solo sebagai juara umum.

Solopos.com, SOLO-Kota Solo berhasil merebut kembali gelar sebagai Juara Umum dalam Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) XXV 2016 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Rabu-Sabtu (14-17/9). Dalam kompetisi yang diikuti sebanyak 1.078 siswa dari berbagai SMK di wilayah Provinsi Jawa Tengah tersebut, Kota Solo berhasil memborong 30 medali yang terdiri atas 18 emas, 8 perak, dan 4 perunggu.

Advertisement

Sementara pada posisi Juara 2 ada Kabupaten Pati yang memperoleh 20 medali, yaitu 9 emas, 7 perak, dan 4 perunggu. Di posisi Juara 3 ada Kota Semarang yang mendapat 12 medali, yaitu 6 emas, 4 perak, dan 2 perunggu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, mengemukakan, prestasi yang telah diraih para delegasi dari Kota Bengawan tersebut sangat membanggakan. Terlebih karena untuk LKS SMK, Etty menyatakan, Kota Solo yang pernah meraih gelar Juara Umum dalam ajang yang sama 2010 lalu, memang telah mentargetkan dapat merebut gelar itu kembali.

“Alhamdulilah tahun ini target tersebut (dapat Juara Umum) bisa tercapai. Ya kami berharap para juara yang nantinya maju ke tingkat nasional untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah, benar-benar layak dan bisa meraih prestasi juga di tingkat nasional tersebut,” ungkap Etty ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (22/9/2016).

Advertisement

Sekretaris I Panitia Daerah Kota Solo LKS XXV 2016 Tingkat Jawa Tengah, Budi Setiono, menyebutkan, dalam LKS tahun ini, ada 33 siswa terbaik dari beberapa SMK di Solo mengikuti 25 mata lomba dari keseluruhan 50 mata lomba yang dikompetisikan.

“Peserta dari Kota Solo yang ikut dalam lomba ini adalah peraih Juara 1 dalam ajang lomba serupa di tingkat Kota Solo,” terang Budi.
Anggota Panitia Daerah Kota Solo LKS XXV 2016 Tingkat Jawa Tengah, Kasmadi menambahkan, dari sebanyak 18 emas yang diperoleh para delegasi Kota Solo, 16 emas di antaranya berasal dari beberapa bidang lomba yang diikuti dalam LKS tersebut. Sedangkan 2 emas lainnya dari lomba ekshibisi.

Ada tujuh bidang lomba yang dikompetisikan dalam LKS kali ini, yaitu Teknologi Industri yang terbagi menjadi 20 mata lomba, Teknologi Informasi yang terbagi menjadi 7 mata lomba, Pariwisata yang terbagi menjadi 8 mata lomba, Bisnis Manajemen dan Pekerjaan Sosial yang terbagi menjadi 4 mata lomba, Kelautan, Perikanan, dan Peternakan yang terbagi menjadi 5 mata lomba, Kriya yang terbagi menjadi 6 mata lomba, dan Ekshibisi yang terbagi menjadi 6 mata lomba.

Advertisement

“Total ada 56 mata lomba yang dilaksanakan di berbagai SMK di Kota Solo. Sedangkan untuk keseluruhan Jawa Tengah, selain Kota Solo, lomba juga dilaksanakan di beberapa daerah di Soloraya, seperti Boyolali, Karanganyar, dan Klaten, serta Semarang dan Pati,” tandasnya.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif