News
Kamis, 22 September 2016 - 15:10 WIB

KISAH INSPIRATIF : Rela Tak Menang, Atlet Ini Bopong Adiknya Hingga Garis Finis

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Alistair membopong Jonny hingga garis finis (nytimes)

Kisah inspiratif diambil dari aksi heroik atlet triatlon.

Solopos.com, COZUMEL – Altet triatlon asal Inggris, Alistair Brownlee, 28, rela mengorbankan posisi pertama demi sang adik. Ia membopong adiknya yang hampir pingsan karena dehidrasi.

Advertisement

Dilansir Nytimes, Rabu (21/9/2016), kisah inspiratif ini terjadi di putaran final kejuaraan triatlon yang diselenggarakan di Cozumel, Meksiko. Jonny Brownlee, 26, memimpin pertandingan hingga fase akhir pertandingan. Saat garis finis sudah di depan mata, dehidrasi yang dialami Jonny memuncak hingga ia nyaris tumbang.

Di belakangnya ada sang kakak Alistair Brownlee yang bersaing dengan Henri Schoeman altet asal Afika Selatan untuk tempat kedua. Melihat adiknya sempoyongan, Alistair tanpa pikir panjang membopong adiknya agar bisa kembali berlari. Otomatis posisi pertama direbut Henri, di belakangnya Alistrair tetap berlari sembari membopong adiknya.

Momen paling menyentuh adalah saat Alistair dan Jonny sudah di depan garis finis. Sang kakak memberikan kesempatan adiknya untuk lebih dulu melintasi garis finis. Sang adik melewati garis finis sembari terjatuh. Tak lama kemudian Jonny dibawa tim medis untuk mendapat perawatan karena dehidrasi.

Advertisement

“Seumpama itu tidak terjadi pada adikku, saya akan tetap membantu mereka melewati garis finis. Jika ia pingsan sebelum garis finis dan tidak ada tim medis, efeknya akan lebih berbahaya,” ungkap Alistair seperti dikutip Nytimes.

Dengan kejadian ini Jonny berada di peringkat dua, sedangkan Alistair berada di peringkat 10 klasemen akhir kejuaraan dunia triatlon.

Solidaritas dalam kompetisi olahraga ini bukan yang pertama terjadi. Dalam gelaran Olimpiade Rio beberapa bulan lalu, ada kejadian serupa. Atlet lari asal Amerika Serikat D’Agostino bersenggolan dengan pelari asal Selandia Baru Nikki Hamblin. Meskipun cidera, D’Agostino berusaha membangunkan Nikki dan mengajaknya berlari beriringan sekedar untuk menyentuh garis finis.

Advertisement

Tonton detik-detik Alistair membopong Jonny hingga garis finis melalui video ini https://www.youtube.com/watch?v=AQ66Uhs3JLM

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif