Soloraya
Rabu, 21 September 2016 - 00:10 WIB

JAMBORE SATPOL PP : Jadi Tuan Rumah, Karanganyar Targetkan Juara I

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Personel Satpol PP Karanganyar memasang tenda di lokasi penyelenggaraan Jambore Satpol PP VI Jateng 2016 di Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar, Selasa (20/9/2016) pagi. (Istimewa)

Jambore Satpol PP digelar di Tawangmangu, Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR – Jambore Satuan Polisi Pamong Praja VI Tingkat Jawa Tengah (Jateng) digelar di Camping Resort Tawangmangu, Kelurahan Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar, Selasa-Jumat (20-23/9/2016).

Advertisement

Rencananya, pembukaan acara dilakukan Rabu (21/9/2016) pagi oleh Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko. Satpol PP Karanganyar menargetkan bisa menjadi juara I dalam ajang bergengsi tersebut.

“Saya ucapkan selamat datang kepada rekan-rekan Satpol PP dari 36 kabupaten/kota se-Jateng. Mari kita sukseskan bersama Jambore Satpol PP VI Jateng,” tutur Kepala Satpol PP Karanganyar, Kurniadi Maulatho saat diwawancara Solopos.comdi kantornya.

Dia menjelaskan Jambore digelar untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan personel Satpol PP. Jambore diisi berbagai kegiatan yang dikemas berupa perlombaan, seperti kedisiplinan, cerdas cermat penegakan peraturan daerah, dan simulasi penanggulangan huru hara.

Advertisement

Ada juga lomba baris berbaris untuk membentuk sikap dan mental personel Satpol PP. “Dengan difasilitasi Pemkab Karanganyar akan digelar juga bakti sosial pembagian paket bahan kebutuhan pokok [sembako] kepada masyarakat tidak mampu di Tawangmangu,” ujar dia.

Tidak kalah penting, peserta jambore akan melakukan penanaman 700 bibit tanaman keras di lereng Gunung Lawu. Lokasi penghijauan di kawasan Sekipan dan sebelah selatan Kantor Kecamatan Tawangmangu. Kegiatan itu untuk semakin menghijaukan Tawangmangu.

“Peserta jambore juga akan kita ajak bersih-bersih jalur wisata di kawasan Tawangmangu, dan aksi sosial donor darah,” tambah dia. Sedangkan Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, berharap kegiatan itu bisa menambah kekompakan dan wawasan Satpol PP.

Advertisement

Keberadaan Satpol PP dinilai sangat strategis dalam penegakan peraturan di kabupaten/kota. “Selamat datang di Bumi Intanpari yang indah ini. Semoga jambore lancar, dan tertib. Kegiatan ini sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM Satpol PP,” tutur dia.

Rohadi menilai pemilihan Tawangmangu tempat penyelenggaraan jambore sangat tepat. Selain hawanya yang sejuk, kondisi alam di sekitar tempat penyelenggaraan acara sangat indah. “Sekalian refreshing di alam terbuka yang sejuk dan indah,” tambah dia.

Eks wakil ketua DPRD Karanganyar itu berharap peserta jambore bisa mempromosikan keindahan alam Gunung Lawu kepada keluarga masing-masing, setelah kembali ke daerah asal. Hal itu selaras dengan target pengembangan wisata Tawangmangu.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif