Lifestyle
Rabu, 21 September 2016 - 14:40 WIB

Ini Arti danTujuan Warna Baru Paspor Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warna Baru Paspor Indonesia (Okezone)

Paspor Indonesia berubah warna.

Solopos.com, JAKARTA — Paspor Indonesia yang baru kini memiliki warna yang lebih cerah dari sebelumnya. Bila paspor Indonesia yang lama berwarna hijau tua, kini berubah menjadi hijau toska.

Advertisement

Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Heru Santoso, mengatakan perubahan warna di paspor baru sebenarnya tidak terlalu signifikan. “Soal perubahan warna, sepertinya tidak terlalu signifikan ya, Artinya masih hijau juga, tapi ini agak cerah saja,” ungkapnya kepada Okezone, Selasa (20/9/2016).

Dia menambahkan, pihaknya sebenarnya memiliki tujuan tersendiri memilih warna hijau toska, yakni agar mudah dikenali. “Tujuannya sebenarnya agar bisa lebih dikenali saja karena warnanya lebih terang,” tegasnya. Baca juga: Paspor Indonesia Resmi Ganti Warna.

Sebelumnya diketahui, Paspor Indonesia berwarna hijau tua dengan logo Garuda berwarna emas di sisi kanan atas. Sedangkan paspor yang baru berwarna hijau toska dan agak kebiruan dengan logo Garuda lebih besar dengan tinta emas tepat di tengah.

Advertisement

Heru Santoso mengatakan, pemilihan warna hijau toska untuk paspor baru Indonesia bukan tanpa alasan. “Warna ini dipilih, karena memang belum ada negara lain yang menggunakan paspor berwarna itu,” jelas Heru. Baca juga: Arti Warna Paspor-Paspor Negara Dunia.

Heru juga menerangkan dipilihnya warna hijau yang lebih cerah agar paspor baru Indonesia mudah dikenali. Dia menambahkan, sebenarnya paspor dengan warna hijau toska sudah diproduksi dan diperkenalkan sejak akhir tahun 2015.

Namun, karena di beberapa kantor keimigrasian di beberapa kota masih memiliki stok paspor lama sehingga dihabiskan terlebih dahulu. “Sebenarnya bukan baru ganti. Perubahan warna itu sudah lama dari awal tahun. Sekarang warnanya hijau toska,” pungkas Heru.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif