Lifestyle
Selasa, 20 September 2016 - 10:15 WIB

Warna Paspor Indonesia Resmi Diperkenalkan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warna Baru Paspor Indonesia (Okezone)

Warna paspor Republik Indonesia telah diganti.

Solopos.com, JAKARTA — Paspor Indonesia kini sudah tak lagi berwarna hijau tua. Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Heru Santoso, membenarkan perubahan warna paspor Indonesia yang kini berwana hijau toska.

Advertisement

“Sebenarnya bukan baru ganti. Perubahan warna itu sudah lama dari awal tahun. Sekarang warnanya hijau toska,” ungkap Heru, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Selasa (20/9/2016).

Heru menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengenalan dan rilis mengenai perubahan warna paspor Indonesia sejak akhir 2015. Namun, karena di setiap kantor keiimigrasian masih tersedia stok paspor Indonesia yang lama jadi, paspor baru ini belum dipakai.

“Ini sudah lama sebenarnya, tapi karena stok di kantor imigrasi masih ada jadi masih dipakai yang lama. Kalau yang baru mungkin baru-baru ini beredar di masyarakat,” tegas Heru.

Advertisement

Sebelumnya diketahui, paspor Indonesia berwarna hijau tua dengan logo Garuda berwarna emas di sisi kanan atas. Sedangkan paspor yang baru berwarna hijau toska dan agak kebiruan dengan logo Garuda lebih besar dengan tinta emas tepat di tengah.

Heru Santoso juga mengatakan paspor yang baru memuat flora dan fauna, serta kebudayaan Indonesia di tiap lembarnya. “Di paspor yang baru diembos gambar flora dan fauna, ada juga wayang dan angklung di tiap lembarnya,” ungkap Heru.

Selain itu, lanjut Heru, paspor baru juga memiliki tingkat keamanan dan keaslian yang lebih baik daripada sebelumnya. “Tingkat kemanan untuk menjamin keasliannya juga lebih baik dari sebelumnya,” tegasnya.

Advertisement

Baca juga: Arti Warna Paspor-Paspor Negara-Negara di Dunia

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif