Jogja
Senin, 19 September 2016 - 00:20 WIB

PERTANIAN GUNUNGKIDUL : Petani Tidak Hanya Butuh Alat, tapi juga ..

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua DPRD Gunungkidul Suharno saat memberikan bantuan alat pertanian ke kelompok tani di halaman DTPH, Kamis (15/9/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Pertanian Gunungkidul mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Petani Gunungkidul kembali digelontor fasilitas pertanian berupa pompa air dan mesin traktor. Harapannya dengan bantuan tersebut bisa meningkatkan produktivitas panen di Gunungkidul.

Advertisement

Ketua DPRD Gunungkidul Suharno berharap agar bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh kelompok. Ia tidak ingin bantuan hanya dibiarkan karena itu harus digunakan dengan baik.

“Dengan alat modern ini, petani mendapatkan kemudahan dalam bercocok tanam. Oleh karenanya, harus ada imbal baliknya dengan jalan meningkatkan hasil panen yang dimiliki,” kata Suharno.

Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki agar panen meningkat, ia juga meminta kepada DTPH agar terus memberikan pembinaan dan pendampingan. Kegiatan ini sangat dibutuhkan petani sehingga kehidupannya bisa makin sejahtera.

Advertisement

“Kalau itu bisa dilakukan dampaknya sangat luas, karena bisa menggerakan roda perkonomian. Untuk itu, kami minta didampingi mulai dari penamanan hingga pemasaran hasil panen yang dimiliki,” ujar dia.

Terpisah, salah seorang anggota kelompok tani Dadi Makmur, Sumberejo, Semin, Ngatini mengakui menerima bantuan alat pertanian dari pemerintah pusat, yang diberikan di halaman Kantor DTPH Gunungkidul pada Kamis (15/9/2016). Menurut dia, bantuan alat pertanian modern ini memberikan manfaat karena selama ini proses pengolahan untuk masa tanam aytau pemeliharaan banyak menggunakan cara manual. “Kami bersyukur dengan bantuan itu karena sangat membantu,” kata Ngatini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif