News
Minggu, 18 September 2016 - 01:10 WIB

Toilet Emas Museum di New York Kini Boleh Dipakai Pengunjung

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Toilet emas di musseum Guggenheim. (Newyorker.com)

Kisah unik datang dari toilet bertahta emas di Museum Guggenheim New York.

Solopos.com, NEW YORK – Masyarakat umum kini diizinkan untuk menggunakan toilet yang terbuat dari emas di Museum Guggenheim di Kota New York, Amerika Serikat.

Advertisement

Seniman dan pemahat Italia, Maurizio Cattelan merupakan pencipta jamban dari emas 18 karat yang berfungsi layaknya sebuah toilet. Kreasinya tersebut ia namai Amerika.

Cattelan memang seorang  seniman asal Milan, Italia yang terkenal dengan karya pahatannya yang provokatif. Karya tersebut dipasang di salah satu toilet umum di Museum Guggenheim, menurut media New Yorker, sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Jumat (16/9/2016).

Museum yang terletak di Fifth Avenue, kawasan yang terkenal dengan pusat perbelanjaan paling mahal di dunia itu,  menggambarkan bahwa buah karya tersebut termasuk ‘berani dan kurang sopan.’

Advertisement

Para pengunjung museum yang membayar karcis masuk bisa menggunakannya semau mereka. Apalagi jamban itu bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

Cattelan juga merupakan pencipta La Nona Ora (Jam Kesembilan) yang menunjukkan pahatan Paus John Paul II yang terjatuh di lantai karena meteor.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif