Sport
Minggu, 18 September 2016 - 17:25 WIB

TIMNAS INDONESIA : TC di Solo, Tim Garuda Fokus Benahi Taktik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Boaz Sollosa dikerubuti rekan-rekannya usai mencetak gol pertama ke gawang Malaysia dalam laga ujicoba antara Timnas Indonesia melawan Malaysia di stadion Manahan, Solo ,Selasa (6/9) malam. Indonesia akhirnya unggul dengan skor 3-0 atas Malaysia (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Timnas Indonesia bakal melakukan pemusatan latihan di Solo.

Solopos.com, SOLO — Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia bakal fokus untuk membenahi taktik serta strategi dalam pemusatan latihan singkat yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Kamis-Selasa (22-27/9/2016) mendatang. Training center pendek ini bertujuan untuk menyatukan visi sekaligus taktik di lapangan hijau.

Advertisement

Ya, sambutan meriah yang diberikan masyarakat khususnya publik Soloraya saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Timnas Malaysia di Stadion Manahan, 6 September 2016 lalu, membikin mereka kepincut untuk kembali. Akan tetapi, tak ada jadwal uji coba dalam pemusatan latihan selama sepekan ini.

“Kami geber soal taktik seperti organisasi pertahanan, skema menyerang, kerja sama tim hingga penguasaan bola. Organisasi jadi tujuan kami. Selain itu, masih ada beberapa posisi pemain yang harus diidentifikasi sehingga mereka mendapatkan pos yang tepat,” papar asisten pelatih Timnas, Wolfgang Pikal, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (18/9/2016).

Pikal menambahkan latihan ini juga tak akan mendongkrak urusan fisik. Fisik baru digenjot pada Oktober 2016 nanti. Meskipun demikian, program TC pendek ini secara tidak langsung sudah mengasah kemampuan fisik mereka. Apalagi mereka juga berlatih untuk klub masing-masing yang sebagian besar berlaga di ajang Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 yang memasuki putaran kedua.

Advertisement

“Stadion Manahan punya lapangan yang cukup bagus. Selain itu, masyarakat Kota Solo sangat mendukung timnas. Kami berterima kasih sudah disambut begitu hangat,” imbuhnya.

Dalam TC ini Alfred Riedl akan memanggil sebanyak 24 pemain termasuk tiga penjaga gawang. Bahkan, pelatih asal Austria ini juga menambah empat amunisi baru dalam latihan singkat di Kota Solo. Sebanyak empat pemain baru itu berposisi sebagai bek tengah, gelandang, sayap, dan seorang penyerang.

Akan tetapi, terkait siapa saja yang bakal dipanggil bakal diumumkan langsung oleh PSSI, Senin (19/9/2016). Menurutnya, wajah-wajah baru ini untuk melengkapi skuat lama yang sebelumnya sudah mengikuti pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, pertengahan Agustus 2016 lalu.

Advertisement

Di samping itu, para penggawa tim Garuda ini bakal kembali menginap di The Alana Hotel. “Sejauh ini belum ada permintaan khusus. Hanya request seperti saat timnas melawan Malaysia lalu. Sebelumnya, menu juga tidak masalah karena Food and Beverage Team kami sudah berkonsultasi dengan tim dokter timnas. Hanya ada beberapa catatan seperti tidak boleh digoreng, tidak pedas, dan menyuguhkan nasi merah,” papar Asisten Public Relation Manager The Alana Hotel, Kezia Natasha Valentine.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif