News
Jumat, 16 September 2016 - 00:00 WIB

VIDEO UNIK YOUTUBE : Ekspresimen Sains Ini Menakjubkan

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - 5 Eksperimen Sains (Youtube)

Video unik Youtube kali ini mengenai beberapa eksperimen sains yang menakjubkan.

Solopos.com, SOLO — Video unik Youtube ini menyajikan eksperimen-eksperimen sederhana tapi menakjubkan hasilnya. Video eksperimen yang diunggah akun Fathonan berdurasi lima menit 17 detik itu memberikan Anda pengalaman baru terkait eksperimen sains.

Advertisement

Eksperimen yang pertama tentang gravitasi. Siapkan botol minuman berisi air. Kurangi sedikit isi botol minum itu dan balikkan pucuk  botol itu ke bawah.

Masukkan beberapa tusuk gigi ke dalam botol berisi air tersebut. Uniknya beberapa tusuk gigi itu masuk ke dalam botol dan tidak membuat air di dalamnya tumpah. Setelah disenggol, air di dalam botol itu tumpah. Apa rahasia yang membuat tusuk gigi masuk ke dalam botol?

Ternyata ada kertas mika persegi yang digunakan untuk menutupi ujung botol itu sehingga air tidak tumpah. Kertas mika itu dibuat seukuran tutup botol sehingga tidak terlihat karena warnanya sama dengan botol.

Advertisement

Eksperimen kedua juga cukup unik. Siapkan gelas, koin, karet dan pelindung atau balon. Koin itu dimasukkan ke dalam gelas yang tertutup balon tanpa membuat balon itu pecah.

Apa rahasianya? Koin itu sebelumnya dimasukkan dan menempel dengan balon atau karet lebih dulu agar mudah dimasukkan ke dalam gelas.

Eksperimen berikutnya adalah keseimbangan paku. Beberapa paku disusun dan membentuk keseimbangan di atas busa atau spons. Letakkan satu paku di tengah lalu letakkan 10 paku berjejer lima kiri dan kanan. Angkat beberapa paku itu dengan satu berikut ke atas paku yang ditempel di spons.

Advertisement

Satu paku di spons itu bisa mengangkat 12 paku yang disusun bertingkat atau berjejer. Tapi saat paku paling atas di angkat paku-paku itu langsung berjatuhan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif