VW Beetle 1973 (howstuffworks.com) VW Beetle 1973 (howstuffworks.com)
Jumat, 16 September 2016 20:33 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 4 Share :

TIPS OTOMOTIF
5 Cara Gampang Rawat Mobil Tua

Tips otomotif kali ini tentang perawatan pada mobil berumur.

Solopos.com, SOLO – Bagi sebagian orang, memelihara mobil tua terasa mengasyikkan. Tetapi pemilik juga harus rajin melakukan perawatan supaya mobilnya selalu prima. Simak tips otomotif berikut ini untuk mengetahui perawatan yang perlu dilakukan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa merawat mobil tua menuntut pemiliknya untuk bisa meluangkan waktu dan tidak jarang juga uangnya untuk melakukan peratawan. Namun jika sudah menjadi hobi, tentu konsekuensi itu tidak menjadi masalah besar.

Dihimpun Solopos.com dari laman Okezone, Jumat (16/9/2016), berikut ini lima hal yang wajib diperhatikan dalam merawat mobil tua supaya kondisinya tetap prima:

Kebersihan Mobil
Mobil tua perlu dicuci semprot minimal sepekan sekali. Seandainya tidak ada waktu, cukup bersihkan dengan lap basah dan dikeringkan. Pemilik juga bisa menggunakan sarung atau cover untuk menutup mobil selama tidak digunakan terhendar dari debu dan cat bodi tidak mudah kusam.

Pelumas
Mobil tua umumnya memiliki mesin yang lebih “haus” oli pelumas ketimbang mobil keluaran baru. Pastikan oli dalam kondisi baik dan tidak kurang volumenya supaya komponen bergerak pada mesin mobil lebih panjang umur dan terhindar dari karat.

Kelistrikan
Mobil tua umumnya tidak difungsikan untuk pemakaian sehari-hari dan lebih sering ditugaskan sebagai “penjaga” garasi. Jika demikian, lebih baik kelistrikannya dimatikan dengan cara melepas kabel pada semua kutub aki. Itu berguna supaya usia pakai aki lebih panjang.

Kaki-Kaki
Mobil tua juga memiliki kaki-kaki yang cenderung ringkih. Supaya lebih awet, sebaiknya mobil digantung dengan cara melepas semua roda dan menyangganya menggunakan dongkrak atau jack stand.

Bawa Keluar Garasi
Sesibuk apa pun, luangkan waktu untuk megendarai mobil tua keluar garasi minimal sepekan sekali. Itu berguna untuk menjaga komponen mobil tetap bekerja. Aktivitas itu juga bisa dipakai untuk mengurangi bosan dan jenuh dari rutinitas harian.

lowongan kerja
lowongan kerja Ndalem Nuriyyat SPA&Skin Care Villas, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



Banner-bazar-dotcom

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…